Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Doni Bastian

10 Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Gaya Hidup | Thursday, 03 Mar 2022, 02:55 WIB

Penyebab diabetes sebagian besar adalah karena perilaku dan gaya hidup. Lantas gaya hidup seperti apa yang bisa mencegah dari penyakit diabetes?

1. Kurangi alkohol

Minuman beralkohol harus dikurangi karena dapat memicu penyakit diabet, karena alkohol menyebabkan gula darah tinggi.

2. Hindari Stres

Tidur larut malam, kurang istirahat, kerja keras adalah faktor-faktor yang menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon kortisol. Hormon ini yang merangsang tubuh untuk melepaskan gula ketika sering stres Ini akan menyebabkan gula darah tinggi. Hal ini akan menyebabkan diabetes Selain itu, juga menyebabkan kesehatan yang buruk secara keseluruhan karena mempengaruhi semua sistem tubuh.

3. Makanan yang sehat

Pilih untuk makan makanan yang sehat. Kurangi makanan bertepung, karbohidrat, dan gula. Semakin bertambahnya usia, semakin Anda harus menguranginya.

4. Rajin berolahraga

Berolahraga secara teratur, dengan cara apa pun. Ayunkan tangan Anda, berjalan, berlari, berenang, bersepeda selama 20-30 menit, 3 kali seminggu.

5. Rutin Periksa Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan tahunan setiap tahun Untuk memeriksa kadar gula dan aspek lain dari kekuatan tubuh untuk mengatasi gejala atau penyakit yang mungkin terjadi

6. Checkup menyeluruh

Jika usia anda di atas 35 tahun, maka anda harus lebih berhati-hati, apalagi anda memiliki gaya hidup yang berisiko menyebabkan diabetes. Anda harus lebih sering melakukan checkup kesehatan secara menyeluruh untuk perawatan yang tepat.

7. Kurangi makanan pedas

Makanan pedas, manis, asin, asam dan pedas semuanya membuat tubuh bekerja lebih keras. Makan rasa hambar dapat membantu memperpanjang umur lebih lama.

8. Perbaiki Perilaku (gaya hidup)

Perbaiki gaya hidup anda untuk mengurangi segala risiko yang menyebabkan diabetes. Bila tidak, maka diabetes juga akan menimbulkan kemungkinan penyakit lain, seperti tekanan darah tinggi.

9. Pilih makanan yang mengandung serat.

Fokus pada makan buah dan sayuran yang tinggi serat seperti biji-bijian, beras merah, roti gandum, dll karena rendah gula, mudah dicerna untuk kesehatan yang baik.

10. Hindari minum diantara makan

Jangan menyesap (minum diantara makan), sampai selesai makan. Untuk menjaga keseimbangan kadar gula dan memungkinkan fungsi hormon insulin bekerja secara sistematis.

Sumber Referensi : Testimoni mosehat

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image