Virtual Lagi Virtual Lagi

Image
Sumintarsih Min
Eduaksi | Monday, 28 Feb 2022, 16:02 WIB

Mendampingi siswa sebagai wali kelas adalah salah satu tugas saya di sekolah. Namun, menjadi wali kelas kali ini lebih berbeda dari kelas sebelumnya. Bagaimana tidak? Kelas 9 sekarang ini adalah siswa yang mengalami masa pandemi sejak mereka kelas 7 semester dua. Nyaris, genap 3 tahun menikmati masa SMP dalam suasana kurang mengenakkan.

Salah satu kegiatan yang mereka ikuti belum lama ini adalah kegiatan literasi. Mereka diminta menulis surat untuk kepala sekolah dengan tema "Aku dan mimpiku bersama SMP Al Irsyad". Tugas ini sekaligus praktik menulis materi teks tanggapan mata pelajaran bahasa Indonesia.

Mereka menuliskan tanggapannya dengan antusias terbukti dengan banyaknya tulisan yang dituangkan dalam kertas folio. Satu halaman bahkan ada yang hampir dua halaman. Mereka menuliskan ucapan syukur bersekolah di SMP Al Irsyad. Berikutnya mereka menuliskan keluhan, kritikan, dan harapan yang belum terpenuhi sampai menjelang masa akhir di sekolah ini.

Salah satu yang sering muncul dalam tulisan mereka adalah "virtual lagi virtual lagi". Nada keluhan yang tidak bisa dihindari, harap maklum bagi semua pihak. Karena masa pandemi, mau tidak mau kegiatan yang mereka ikuti dilaksanakan secara virtual. Bukan hanya pembelajaran, tetapi juga kegiatan penunjang lainnya, seperti classmeeting, tarhib Ramadan, mengundang tokoh, termasuk outdoor study. Sudah tidak ada lagi foto-foto bersama di Ancol, Taman Mini, atau objek wisata lainnya layaknya tur studi pada siswa umumnya.

Outdoor study adalah kegiatan keluar yang dikaitkan dengan beberapa mapel. Biasanya dalam satu hari para siswa per level diajak ke suatu lokasi untuk mengadakan pengamatan, mendengarkan penjelasan narasumber, dan diakhiri dengan pengumpulan tugas. Kegiatan tahunan ini menjadi kegiatan yang menyenangkan karena siswa merasakan naik kendaraan umum ramai-ramai dan berkegiatan di luar kelas. Biasanya kami menyewa angkutan umum (angkot) yang muat 12-14 anak per mobil. Oleh karena itu, menjadi pemandangan yang seru bila ada outdoor, halaman sekolah mendadak mirip terminal. Berjajar sekitar 15 angkot di sana.

Outdoor yang mereka ikuti selama pandemi, yaitu kunjungan ke pabrik teh Kaligua, Brebes. Tahun sebelumnya di industri rumah tangga gula kelapa. Bahkan, berhubung hanya virtual, kegiatan mereka pernah kunjungan ke Masjid Hagia Sophia Turki. Bedanya, kunjungan ke wilayah Banyumas, guru benar-benar berkunjung, survei, dan membuat video wawancara. Sedangkan yang ke Turki otomatis hanya mencomot dari youtube dan tambahan deskripsi dari guru.

Dua tahun lalu sambutan seremonial wisuda pelepasan kelas 9 secara virtual dilanjutkan penyerahan sertifikat kelulusan secara drive thru. Semoga tahun ini wisuda terlaksana secara nyata di sebuah gedung. Amin....

Purwokerto, 28 Februari 2022

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Virtual Lagi Virtual Lagi

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Program pembuatan ruang literasi sebagai bentuk peningkatan minat baca SDN 13 Tambun Sukkean kecamat

Image

Peringatan HUT RI ke 77, Rutan Purworejo Tampilkan Beragam Baju Daerah Ala Model Profesional

Image

HUT RI Ke-77, 22 WBP Lapas Terbuka Nusakambangan Mendapat Remisi, 5 diantaranya Langsung Bebas

Image

Makna Hijrah dan Momentum Peringatan Kemerdekaan

Image

Terus Belajar, Menginspirasi, Memberi Manfaat, HUT RI ke-77 SIT Tunas Bangsa

Image

Upacara Kolaboratif HUT RI ke-77 ala SMP Mugadeta

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image