Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Giyoto

Belalang Sentadu Jantan dan Pengorbanannya

Guru Menulis | Sunday, 27 Feb 2022, 20:22 WIB

Belalang Sentadu Jantan dan Pengorbanannya

Giyoto

Siapa yang belum pernah melihat Belalang Sentadu? Salah satu serangga bangsa belalang ini juga sering disebut belalang sembah lho. Sebutan Belalang Sembah yang melekat padanya tidak lepas dari kebiasannya menangkupkan bagian tubuh atasnya yang menyerupai tangan bersikap seolah menyembah. Sementara itu dalam bahasa Inggris dinamakan praying mantis, karena seolah seperti orang yang berdoa. Belalang Sentadu mempunyai daur hidup yang unik. Belalang Sentadu saat masuk usia reproduksi akan mencari pasangan msaing-masing seperti pada kebanyakan hewan lainnya. Selama masa mencari pasangan tersebut tak jarang belalang jantan bersaing dengan belalang jantan lainnya. Tak jarang mereka berkelahi sampai ada salah satu yang kalah atau bahkan mati demi mendapatkan belalang betina pilihan.

Kali ini Belalang Sentadu jantan tampak sedang mengamati sekelilingnya. Sambil bertengger di atas ranting pohon, mata Belalang Sentadu tertuju pada sebuah daun tak jauh dari tempatnya. Tampak seekor Belalang Sentadu Betina sedang sendiri makan dedaunan. Belalang Sentadu jantan pun segera terbang melayang menghampiri belalang betina. Bukan tanpa halangan. Dalam waktu yang bersamaan, ada seekor belalang jantan lain yang terbang menuju belalang betina. Semua perlu perjuangan. Hari ini akan menjadi hari yang panjang bagi Belalang Sentadu jantan.

Perjuangan panjang pun dimulai. Persaingan untuk mendapatkan pasangan hidup pun dimulai siang itu. Kedua belalang jantan itu pun berjuang demi impian dan meneruskan keturunannnya. Persaingan kali ini agak berbeda, mereka tidak berkelahi tetapi berlomba terbang dari satu dahan ke dahan lain. Perlombaan pun berakhir dengan kemenangan Belalang Sentadu jantan. Belalang jantan lain pun pergi mencari tempat lain.

Kini Belalang Sentadu jantan telah memiliki pasangan hidup. Dua belalang sentadu tersebut akhirnya hidup bersama meneruskan keturunannya. Tibalah saat kodrat Belalang Sentadu jantan mengorbankan dirinya. Disinilah keunikan sekaligus menunjukkan perjuangan hebat seekor Sentadu jantan. Ia rela mati demi keberlangsungan keturunannya. Ya, begitulah kehendak alam. Sentadu jantan akan dimakan oleh sentadu betina untuk nutrisi anak-anaknya selama dalam proses perkembangbiakan. Luar biasa pengorbanan Belalang Sentadu jantan.

Motivasi : Pengorbanan orang tua tiada duanya. Adik-adik bisa belajar betapa orang tua kita sangat besar perjuangannya demi kehidupan ank-anaknya. Jangan sia-siakan orang tua kita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image