Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yosh Widyawan

5 Manfaat Keren dari Menulis

Gaya Hidup | Thursday, 24 Feb 2022, 16:57 WIB
Andrea Piacquadio dari Pexels" />
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Tuliskan apa yang kamu pikirkan!

Menulis sebenarnya sudah biasa dilakukan kebanyakan orang. Dari awal memasuki masa pendidikan setiap orang sudah mulai belajar menulis. Namun, menulis dengan hasil pemikiran sendiri masih belum banyak orang melakukannya. Ada harapan kamu semakin mampu berkarya dan menghasilkan karya tulis seperti puisi, artikel, cerpen, novel, buku,dll. Jika disadari, menulis itu manfaatnya luar biasa lho. Simaklah 5 manfaat keren dari menulis berikut!

Ilustrasi: Artikula.id

1. Mempermudah belajar

Boleh percaya atau tidak, ternyata menulis bisa mempermudah kamu untuk belajar. Belajar mulai dari belum tahu atau belum bisa, kemudian menjalani proses mencoba atau berlatih hingga lama-kelamaan menguasai apa yang dipelajari. Dengan menulis, kamu bisa mencatat proses belajar yang dilalui. Dan ketika melanjutkan proses belajar, kamu dapat melihat kembali apa yang telah dipelajari sebelumnya. Maka tidak mengherankan, seorang pelajar yang memiliki catatan lengkap dan catatannya menarik untuk dibaca kembali, biasanya lebih menguasai pelajaran di kelas.

Ilustrasi:bobo.grid.id

2. Menjaga ingatan

Mungkin ada yang punya pengalaman pernah diberi catatan oleh orang tua, ketika disuruh membeli sesuatu di warung. Nah, tulisan bisa menjadi pengingat untuk mengatasi lupa. Para penemu jaman dulu pun menuliskan hasil temuannya, agar tidak lupa. Dengan sering menulis, otak kamu pun menjadi terlatih dan tidak gampang lupa.

pixabay.com

3. Menuangkan ide

Ide atau gagasan akan mulai nampak jika dituliskan. Tidak cukup hanya dikatakan, apalagi hanya di awang-awang atau dipikirkan saja. Tuliskan apa yang kamu pikirkan, maka ide-ide lain akan bermunculan menyusul. Seorang pengarang lagu pasti menuliskan lirik-lirik yang diciptakan. Beban mengingat otak perlu dikurangi dengan dituliskan dan otak dibiarkan bebas berpikir mencari inspirasi.

Ilustrasi:mmc.tirto.id

4. Mengungkapkan perasaan

Setiap orang bisa mengalami bisa mengalami perasaan senang, sedih, takut dan perasaan lainnya. Perasaan apapun yang kamu rasakan bisa kamu tuliskan. Bahkan kegundahan hati pun bisa menjadi tulisan, seperti puisi, artikel dan lain-lain. Justru dengan menulis, kamu bisa merasa lega melampiaskan perasaan.

Ilurtrasi:bungakarang.org

5. Membantu permenungan

Pernahkan kamu merenungkan hidupmu? Dengan merenungkan hidup, kamu bisa introspeksi diri. Melihat kesalahan atau kekurangan diri sendiri, bisa membantu kamu menjalani hidup lebih baik lagi ke depan. Tuliskan pengalaman hidupmu dalam catatan harian, suatu saat bisa jadi akan lebih berguna lagi. Para penulis novel terkenal seringkali menulis cerita berdasarkan pengalaman hidupnya.

Bermanfaat betul khan, kalo dipikir-pikir? Ayo mulailah semangat menulis!

YW, 24 Februari 2022

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image