Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bakti Bersama

Hal-Hal yang Menguatkan Iman

Agama | 2024-10-21 12:45:45
Sumber Gambar : canva.com

Bakti Bersama - Jika artikel sebelumnya menjelaskan tentang hal-hal yang melemahkan iman. Pada artikel ini berisi tentang hal-hal yang menguatkan iman. Iman yang seringnya mengalami naik turun menjadikan diri kita untuk senantiasa waspada akan sebab terjadinya. Rasulullah shalallahu’alaihi wa salam bersabda : “ Sesungguhnya iman itu dijadikan dalam diri seseorang diantara kamu sebagaimana pakaian, maka mohonlah kepada Allah agar dia memperbaruinya.” (HR. Thabrani). Maksudnya iman itu dapat menjadi usang dalam hati, seperti halnya pakaian yang dapat menjadi usang jika lama dipakai. Tentu harapannya kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dengan menerapkan hal-hal yang menguatkan iman. Penjelasannya sebagai berikut :

1. Menuntut Ilmu
2. Dekat dengan Alquran (q.s Al Isra’ ayat 82)
3. Dzikir (q.s Al Ahzab ayat 41-43)
4. Berkumpul dengan orang-orang shalih melalui kajian atau majelis ta’lim
5. Memperbanyak amal saleh (q.s Al Hadid ayat 21)
6. Mengingat kematian dan akhirat
7. Rendah hati
8. Tidak berangan - angan secara berlebihan
9. Muhasabah diri
10. Berdo’a dan bertawakal kepada Allah (q.s Al Baqarah ayat 186)
11. Saling tolong menolong

Semoga tips sederhana diatas bisa kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa menjadikan diri kita lebih baik lagi kedepannya. Lengkapi booster iman sahabat dengan ikut berkontribusi dalam hal kebaikan : https://www.laznasdewandakwah.or.id/zakatuntukpalestina/2680?lz=ea00

Sumber : Buku Mentoring Kelas X

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image