Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

5 Tips Peroleh Hasil Maksimal dari ChatGPT

Teknologi | 2024-10-14 08:15:04
5 tips mengoptimalkan ChatGPT open AI (axiteam.com/SSDarindo)

ChatGPT telah berkembang dari eksperimen AI sederhana menjadi platform produktivitas yang lengkap hanya dalam waktu kurang dari dua tahun. Dengan Canvas, platform ini bahkan memiliki editor teks dan kodenya sendiri. Akhir tahun ini OpenAI juga akan menghadirkan pencarian ke ChatGPT, secara langsung melawan Google dalam permainannya sendiri.

Melansir dari tomsguide.com, berikut ini adalah 5 kiat untuk memanfaatkan ChatGPT secara maksimal, termasuk beberapa kiat untuk meminta bantuan dan beberapa kiat seputar fungsionalitas dan antarmuka.

1. Ganti nama obrolan Anda.

Ini adalah hal yang cukup jelas tetapi layak dilakukan, terutama jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari kecerdasan buatan. ChatGPT akan memberikan nama pada obrolan yang dianggapnya paling sesuai dengan alur percakapan, bahkan memperbaruinya dari waktu ke waktu, tetapi itu tidak selalu mencerminkan tujuan Anda untuk utas atau diskusi tertentu.

Dengan mengganti namanya, akan lebih mudah untuk melacaknya. Setiap obrolan memulai jendela konteks baru dengan ChatGPT; yaitu jumlah informasi yang dapat disimpan dalam memorinya sebelum melupakan awal percakapan. Jadi, untuk mendapatkan hasil maksimal dari percakapan, Anda harus mencoba menggunakan setiap percakapan untuk tugas atau tujuan tertentu, memulai utas baru jika Anda ingin berdiskusi atau mengerjakan proyek yang berbeda.

Anda dapat mengganti nama obrolan dengan mengeklik tiga titik yang muncul di sebelah nama di bilah sisi, lalu mengganti nama. Di sini Anda dapat mengarsipkan (menghapusnya dari daftar tetapi tetap tersimpan) atau menghapusnya.

2. Menetapkan instruksi khusus

ChatGPT memiliki instruksi khusus untuk beberapa waktu sekarang. Ini adalah informasi yang tersedia untuk ChatGPT di setiap obrolan dan membantunya mengarahkan respons ke minat dan latar belakang Anda. Sebagai contoh, penggunaan ChatGPT untuk pengkodean, menulis, dan kadang-kadang hanya untuk mencari inspirasi.

Kemudian ChatGPT dapat menyesuaikan potongan kode dan penjelasan berdasarkan bahasa dan kemahiran pengguna. Bagian ini dibagi menjadi dua pertanyaan: Apa yang Anda ingin ChatGPT ketahui tentang Anda untuk memberikan respons yang lebih baik? Ini adalah tempat untuk memberikan detail seperti bidang pekerjaan, hobi, atau keluarga Anda, yang kedua adalah untuk instruksi khusus seperti 'selalu berikan blok kode lengkap' atau 'bicaralah kepada saya, misalnya: saya berusia 5 tahun'.

Untuk mengatur instruksi khusus, klik gambar atau ikon profil Anda di pojok kanan atas pada versi web, lalu klik Sesuaikan ChatGPT. Jika Anda menggunakan versi seluler, ketuk dua garis di kiri atas, lalu klik nama Anda, lalu ketuk personalisasi, dan terakhir ketuk Sesuaikan ChatGPT.

3. Pilih model yang tepat

Jika Anda menggunakan ChatGPT Plus, Anda memiliki pilihan model yang cukup banyak termasuk GPT-4o, GPT-4o dengan Kanvas, o1-preview, o1-mini dan juga GPT-4o mini dan bahkan GPT-4. Untuk hampir semua hal yang Anda lakukan, yang terbaik adalah tetap menggunakan default dan menggunakan GPT-4o. Alasan utamanya adalah kecepatan, tetapi juga karena memiliki fungsionalitas tambahan yang paling banyak.

Semua GPT kustom bekerja dengan GPT-4o, Anda dapat memuat lampiran seperti file kode, PDF, dan gambar, dapat mencari di web, dan Anda dapat meminta GPT-4o untuk menganalisis kumpulan data. Ini semua masuk dalam keluarga model penalaran o1, namun belum semuanya. Memanfaatkan secara maksimal berbagai model tergantung pada tugas yang ingin Anda selesaikan.

Jika Anda, misalnya, baru memulai dengan proyek penelitian atau pekerjaan rumah yang besar dan Anda perlu merencanakannya - gunakan o1-preview dan berikan instruksi yang mendetail dan gunakan frasa tugas yang spesifik seperti "rencanakan bagaimana saya harus menyelesaikan proyek ini, berikan petunjuk langkah demi langkah dengan gambaran umum yang mendetail pada setiap bagian plus rangkuman pada bagian akhir."

Setelah Anda memiliki proyek yang telah direncanakan, Anda bisa berpindah ke GPT-4o (sesederhana mengeklik model baru pada drop-down model pada bagian atas atau ubah modelnya dengan mengetikkan / pada kotak obrolan. Anda juga dapat menggunakan / untuk membuat gambar atau menjelajahi web.

4. Memanfaatkan GPT

Fitur dan penyimpanan Custom GPT dari ChatGPT tampaknya sudah banyak dilupakan, tetapi tersembunyi di dalam harta karun ini terdapat beberapa aplikasi mini yang dibuat dengan hati-hati yang berisi petunjuk, alur kerja, dan bahkan kumpulan data tambahan serta pemanggilan fungsi yang rumit. Sebagai contoh, ada Canva GPT yang memungkinkan Anda menggunakan bahasa alami untuk mendesain logo, gambar media sosial, dan presentasi. Anda berkolaborasi dengan ChatGPT dalam membuat ide dan membuatnya melalui pemanggilan fungsi ke API Canva.

Anda juga dapat membuat sendiri jika Anda memiliki alur kerja yang sering digunakan dan berfungsi dengan baik, atau kumpulan data dalam jumlah besar yang tidak perlu dimuat ke ChatGPT setiap saat. Sebagai contoh, saya memiliki perpustakaan resep kopi dalam file json yang saya gunakan untuk membuat Pocket Barista.

Hal ini memungkinkan saya membuat minuman baru atau berkolaborasi dengan AI untuk menyempurnakan resep yang sudah ada. Untuk mengakses toko GPT, klik jelajahi GPT di bilah sisi. GPT yang baru saja digunakan, serta kreasi Anda sendiri, akan muncul di bagian atas. GPT lainnya harus Anda akses melalui toko GPT.

5. Mengatur percakapan Anda

Fitur memori ChatGPT membawa beberapa informasi di seluruh percakapan tetapi hanya cuplikan. Bayangkan setiap obrolan baru seperti memulai dokumen baru di Word atau membuka tab baru di Chrome.

Ada beberapa alasan bagus untuk melanjutkan percakapan daripada memulai percakapan baru, terutama jika percakapan tersebut terkait langsung dengan diskusi sebelumnya. Jika Anda sedang mengerjakan proyek yang lebih panjang dan perlu merujuk kembali ke hal-hal yang telah Anda katakan sebelumnya - akan lebih masuk akal untuk tetap berada di dalam utas tersebut.

Tetapi jika apa yang ingin Anda tanyakan tidak ada hubungannya, buatlah postingan baru. Pastikan Anda juga menghapus atau mengarsipkan percakapan yang tidak Anda perlukan lagi. Hal ini akan membantu membersihkan antarmuka dan membuatnya lebih mudah untuk menemukan utas yang mungkin ingin Anda gunakan lagi. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image