Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Iqbal Maulana MH

Mango Animate Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual

Guru Menulis | Sunday, 13 Feb 2022, 12:12 WIB
Kegiatan KOMED Palembang pada hari Jum'at (11/02) melalui zoom meeting. Dengan jumlah partisipan sebanyak 66 orang dan dari berbagai daerah.

Media pembelajaran adalah salah satu alat bantu peraga, yang digunakan untuk memberikan kemudahan dalam proses transfer materi pelajaran atau ilmu pengetahuan lainnya.

Menurut Azhar Arsyad di dalam bukunya Media Pembelajaran, beliau menyebutkan bahwa, media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada siswa dengan media berbasis tradisional maupun dengan teknologi digital, baik berbentuk audio, visual ataupun menggabungkan antar keduanya (audio-visual).

Mango Animate merupakan sebuah aplikasi media pembelajaran yang berfungsi untuk membuat sebuah video animasi audio-visual, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Lantas, apa saja manfaat dari belajar dan mengaplikasikan Mango Animate bagi seorang guru dan siswa?

Iya tentu banyak sekali manfaat yang didapatkan baik oleh guru maupun siswa. Dalam sebuah kelas media pembelajaran yang diselenggarakan oleh Komunitas Media Pembelajaran (KOMED) Palembang, narasumber yaitu guru Ali Maksum, menuturkan beberapa manfaat dari Mango Animate ini.

Manfaat tersebut di antaranya adalah: dapat menambah soft skill individu (baik untuk guru maupun siswa), memberikan pemahaman yang lebih mendalam pada materi yang disampaikan oleh guru (siswa), memberikan prospek masa depan yang baik (guru), dan dapat menjadikan media agar pembelajaran lebih komunikatif dan interaktif (guru dan siswa).

Setelah mengetahui Mango Animate dan manfaatnya, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat video animasi dengan aplikasi Mango Animate?

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat animasi dengan Mango Animate:

1. Download aplikasi Mango Animate dengan mengunjungi laman www. mangoanimate .com

2. Setelah berhasil download, langkah berikutnya adalah sign up dengan menggunakan alamat email yang aktif.

3. Log in dengan menggunakan email dan password yang telah kita buat.

4. Mulai berkreasi dan berinovasi dengan berbagai fitur yang disediakan oleh aplikasi Mango Animate.

5. Ekspor dan siap ditayangkan kepada siswa siswi di kelas.

Untuk lebih detailnya berikut ada beberapa contoh video penggunaan Mango Animate yang dilakukan oleh guru Ali Maksum dalam akun youtubenya.

Demikian tulisan Mango Animate sebagai media pembelajaran berbasis audio visual. Semoga dapat menambah khazanah keilmuan dan dapat diaplikasikan di dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

Mari kita bersinergi mewujudkan pendidikan Indonesia yang berkualitas, berkarakter dan berjiwa pancasila.

Iqbal Maulana IG: @iqbalmf_scout

Sumber: Azhar Arsyad, 2018

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image