Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

6 Perbedaan Jam Analog dan Digital, Ketahui Sebelum Membeli

Teknologi | Sunday, 13 Feb 2022, 07:27 WIB

Selain berfungsi sebagai penunjuk waktu, jam juga berfungsi sebagai aksesoris atau hiasan karena modelnya ada berbagai macam seperti jam tangan, jam dinding maupun jam yang berada di handphone. Secara umum, jam yang biasa di pakai oleh kebanyakan orang terdapat dua jenis yaitu jam analog dan jam digital. Dan berikut adalah beberapa perbedaan jam analog dan jam digital:

1. Desain

Desain jam analog lebih fashionable dan lebih menarik jika dibandingkan dengan jam digital sehingga penggunaan jam analog cocok digunakan di berbagai kesempatan baik itu acara santai maupun formal. Desain jam digital memiliki model yang monoton dan kurang bervariasi namun lebih sporty.

2. Harga

Untuk harga jam analog dan digital memang di tentukan oleh merk dan fiturnya. Branding yang kuat dari merk tersebut akan membuat harga jam mejadi lebih mahal.

Namun dengan desain yang mewah, jam analog biasanya memiliki harga yang lebih mahal.

3. Ketahanan

Jam digital cocok di pakai untuk ruang terbuka karena jam digital dibekali ketahanan yang sangat kuat. Biasanya jam analog tidak menggunakan bahan yang bersifat shock resistant, jadi daya tahannya kurang.

Tetapi kembali lagi kepada jenis produk dan merknya. Sekarang banyak juga jam analog yang memiliki ketahanan yang bagus.

4. Pengaturan

Jam analog dan jam digital memiliki menu pengaturan yang bisa dipelajari dengan mudah, namun karena banyaknya tombol setting pada jam digital, membuatnya lebih ribet untuk butuh ketelitian dalam mengaturnya.

5. Jenis Fitur

Fitur jam digital sangatlah banyak seperti sebagai stopwatch, kalkulator, penunjuk tanggal dan bulan sehingga membuat jenis jam ini digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Sedangkan jam analog rata-rata hanya memiliki fitur sebagai penunuk waktu saja.

BACA JUGA: Merk jam tangan yang banyak diburu

6. Baterai

Perbedaan selanjutnya adalah dari segi daya baterai yang digunakan. Karena fitur jam digital yang lebih banyak maka penggunaan baterai pada jam ini bisa dikatakan lebih boros dibandingkan dengan jam analog.

Itulah beberapa perbedaan jam analog dan jam digital dalam berbagai aspek dari desain sampai ke ketahanan baterai. Dengan mengetahui perbedaan di atas maka bisa menjadi pertimbangan ketika memutuskan membeli jam digital atau jam analog.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image