Kubah Masjid yang Indah Banyak Dihasilkan di Daerah Ini

Image
Drajad Dwi
Bisnis | Thursday, 10 Feb 2022, 09:50 WIB

Kubah dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai bangunan diatas bangunan masjid. Kubah masjid memiliki fungsi ganda yaitu selain sebagai pertanda bahwa bangunan tersebut adalah bangunan masjid sebagai tempat beribadah bagi umat Islam, kubah masjid juga berfungsi sebagai hiasan eksterior bangunan masjid.

Di Indonesia bangunan masjid dengan hiasan kubah masjid diatasanya banyak ditemukan di hampir setiap tempat di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar masyarakat di Indonesia memeluk agama Islam.

Bangunan kubah masjid yang ada di Indonesia terbuat dari berbagai macam bahan yang digunakan. Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kubah selain bahan enamel dan beton adalah bahan tembaga dan kuningan atau yang dikenal sebagai kubah masjid tembaga dan kuningan.

Desa Tumang, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, dikenal oleh masyarakat luas sebagai pusat sentra kerajinan tembaga dan kuningan. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar masyarakat di wilayah tersebut berprofesi sebagai pengrajin kerajinan tembaga dan kuningan.

Kualitas yang di hasilkan pun bisa menembus sampai ke pasar mancanegara. Tentu ini sangat membanggakan untuk daerah tersebut.

Berbagai macam produk kerajinan tembaga dan kuningan telah banyak dihasilkan oleh para pengrajin kerajinan tembaga di desa tersebut. Selain kubah masjid dengan ornamen kuningan yang sangat indah, produk lainnya yang di hasilkan diantaranya seperti bathtub, relief, jam dinding masjid, vas bunga, kaligrafi dan berbagai macam produk tembaga kuningan lainnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seorang Blogger yang menyukai dunia bisnis dan internet marketing

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pecah Rekor! Pegawai Bapas Lahat Kemenkumahm Sumsel Tembus 7,7 KM

Image

Meriahkan HDKD ke-77, Lapas Sekayu Gelar Fun Bike dan Virtual Run

Image

Aktivitas Gunung Merapi Sepekan: Terjadi Pertumbuhan Kubah Lava Barat Daya

Image

PKKMB Universitas Indonesia 2022, Aditya Yusma: Diplomasi Budaya Cegah Tumbuhnya Paham Radikalisme

Image

Jelang Kesiapan Piala Kasad Liga Santri PSSI Tahun 2022, Kajasdam XII/Tpr Pimpin Technical Meeting

Image

Krisis Berlarut, Partai Baru Punya Peluang Besar Lolos dan Memenangi Pemilu 2024

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image