Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Ingin Membangun Ruko Untuk Tempat Usaha? Perhatikan Dulu Hal Berikut Ini!

Eduaksi | Tuesday, 08 Feb 2022, 17:43 WIB

Menjadi seorang wirausaha mungkin salah satu profesi paling diidamkan oleh setiap orang. Selain bisa mengelola usaha sendiri, Anda juga bisa bebas memilih bidang usaha yang ingin digeluti. Namun hal ini juga tidaklah mudah, dimana berbagai persiapan harus dilakukan dengan matang.

Tak terkecuali dengan Anda yang ingin mendirikan usaha kuliner, fashion, atau usaha lain yang membutuhkan tempat khusus. Maka yang perlu Anda miliki pertama kali adalah ruko, dan untuk membangun ruko tentu biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit.

Lokasi merupakan hal yang menentukan jalannya bisnis Anda ke depannya. Semakin strategis lokasi yang dipilih maka semakin besar pula peluang dari tingkat penjual dan pendapatan yang akan diterima.

Salah memilih lokasi justru bisa jadi boomerang bagi Anda nantinya. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk membangun ruko, sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini:

Kepadatan Penduduk

Selalu usahakan untuk memilih lokasi pembangunan ruko pada lahan yang dekat dengan pemukiman penduduk padat. Sebab semakin tinggi jumlah penduduk yang berada di sekitar lokasi maka akan semakin besar potensi pangsa pasar bisnis Anda. Coba bayangkan jika jumlah penduduk di sekitar ruko sedikit, pasti orang yang akan beli juga sedikit bukan?

Pendapatan Penduduk

Poin yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan adalah besarnya rata-rata pendapatan dari penduduk setempat. Sebab hal ini nantinya juga akan berpengaruh pada tingkat daya beli para konsumen. Semakin tinggi penghasilan maka secara otomatis kebutuhan yang dimiliki juga akan meningkat.

Lingkungan Sekitar

Datangnya konsumen terkadang juga berasal dari lingkungan sekitar toko. Contoh kecilnya begini, Anda ingin menawarkan jasa service laptop, jasa service HP, atau jualan kerajinan barang antik tembaga kuningan di kawasan yang jauh dari pemukiman, maka jumlah pelanggan yang datang cenderung lebih sedikit. Sebab biasanya mereka akan memilih ke jasa yang dekat dengan rumahnya.

Memilih Ruko Minimalis

Salah satu cara terbaik untuk meminimalisir biaya pembuatan ruko yaitu memilih konsep yang sesuai dan ruko minimalis adalah pilihan yang tepat. Bukan hanya dapat dibangun di atas lahan sempit, namun ruko minimalis juga akan membutuhkan budged yang lebih sedikit.

Pilihan Bahan Baku

Beberapa bahan baku bisa Anda pilih pada pembangunan ruko, seperti pemilihan ubin keramik, pemilihan kusen dan masih banyak lainnya. Konsultasikan dengan pihak kontraktor agar anggaran Anda tidak membengkak.

Itulah beberapa tips sebelum Anda memutuskan membangun sebuah ruko. Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image