Pengelolaan Perusahaan Dalam perbankan

Image
masuda dewisuyanti
Bisnis | Friday, 04 Feb 2022, 11:54 WIB

Apa yang di maksud dengan GCG? Good corporate govermance atau biasa di kenal dengan GCG adalaah sebuah sistem yang mengatur perusahaan untuk menciptakan nilai tambah ,sedangkan Good govermance sendiri memiliki arti pemerintahan yang baik atau penyelenggaraan pemerintahaan yang bersih dan efektif, sesuai dengan ketentuan yang ada.Pemerintahan mencakup ruang lingkup yang luas, termasuk bidang politik, ekonomi dan sosial mulaidari proses perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan hingga pelaksanaan dan pengawasan. Political governance mengacu pada proses menciptakan kebijakan. Economic,governance,dan mengikuti suatu proses keputusan ekonomi untuk membantu meningkatkan kesejahteraan serta mengentas kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup.

penerapan GCG dalam perbankan syariah adalah sebagai berikut Islamic Corporate Governance (IGC) adalah sebuah perusahaan yang ber operasi sesuai dengan ketentuan syariat Islam dan perusahaan perlu mempertimbangkan efek Kebijakan syari’at dan praktek kebijakan dan praktek perusahaan. Tata kelola dalam struktur perusahaan islam adalah dilakukan sedemikian rupa sehingga masing-masing orang yang terkait dengan bank yang notabelnya adalah pemegang saham ke bank, dan dapat di simpulkan bahwa keberhasilan bank berarti keberhasilan pemegang saham.

Adapun kerangka pengelolaan perusahanan islam di antaranya adalah sebagi berikut :Pengambilan Keputusan Dalam kerangka kerja Islam dari ICG, pembuatan keputusan adalah dilakukan melalui “Shura”, yang berarti bahwa badan ulama terbentuk yang memiliki perintah pada aturan dan peraturan serta pada cita-cita Islam. Badan ulama ini Dewan Pembina Syariah (DPS). DPS memastikan bahwa semua kegiatan di organisasi dalam Sesuai dengan hukum Islam. Serta Pengungkapan dan Transparansi Islam telah meletakkan tekanan pada pengungkapan Informasi. Kata akun digunakan beberapa kali dalam Al-Qur’an dan berarti bahwa manusia bertanggung jawab kepada Allah SWT. Dia telah memberikan manusia dengan tak terhitung jumlahnya berkat sehingga ia harus melakukan kegiatan ekonomi dan keuangan dengan keadilan dan kejujuran. Akuntabilitas harus ada bagi masyarakat. Semua informasi yang diperlukan harus transparan kepada orang-orang yang terkait sehingga kebenaran yang akan dipertahankan di seluruh perusahaan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kepala LPKA Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel Ikuti Webinar Prison Overcrowding

Image

Kenang Jasa Pahlawan, Karyawan Royal Darmo Malioboro Hotel Tabur Bunga di TMP Kusumanegara

Image

UMP Lolos Pendanaan Matching Fund 2022

Image

Tingkatkan Kinerja Kehumasan, Tim Humas Lapas Surulangun Ikuti Penguatan Tugas dan Fungsi

Image

Bapas Nusakambangan Ikuti Penguatan Tugas Dan Fungsi Kehumasan Secara Virtual

Image

Pemegang Paspor RI yang Hendak ke Jerman dapat Ajukan Endorsement Tanda Tangan di Kantor Imigrasi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image