Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

Basri A Bakar Terpilih Sebagai Sekjen Forsimas

Info Terkini | Tuesday, 01 Feb 2022, 13:49 WIB
Dr. Ir. Basri A. Bakar, M.Si Sekjen Forsimas terpilih. (Dok Forsimas)

Banda Aceh - Dr Ir Basri A. Bakar MSi secara aklamasi terpilih sebagai Sekjen Forum Silaturrahim Kemakmuran Masjid Serantau (Forsimas) Pusat selama lima tahun ke depan melalui zoom meeting yang dihadiri beberapa negara Asean, Minggu (30/2).

Pertemuan online tersebut dihadiri sekitar 32 peserta dari Forsimas Malaysia, Thailand, Kamboja, Sabah dan Indonesia (Jakarta, Cirebon, Sulawesi, Surabaya, Bandung, Palembang dan Bekasi). Sekaligus dirangkai dengan tausiyah oleh Prof Dr Roem Rowi dari UIN Surabaya.

Menurut Ketua Forsimas Malaysia dr Mohammad Nawar bin Ariffin, sosok Sekjen Forsimas haruslah orang yang ikhlas dan mampu membawa organisasi berbasis masjid ini lebih peka dengan isu-isu kemasjidan dan muslim dunia.

“Forsimas merupakan organisasi unik dan ajaib dan saya berharap Sekjen baru harus menjiwai ruh Forsimas yang fokus pada silaturrahim,” ujarnya.

Basri menyebutkan, sebelum pandemic Covid-19, Forsimas melaksanakan pertemuan silaturrahim di beberapa negara seperti Kuala Lumpur, Brunei, Kamboja, Jakarta, Bangkok dan lain-lain.

Pada tahun 2017 bahkan Forsimas Pusat pernah mengirim bantuan qurban 10 ekor sapi ke komunitas muslin di Kamboja.

Sementara itu Basri A. Bakar seusai pemilihan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan terhadap dirinya. Ia mengaku amanah sebagai Sekjen Forsimas sangat berat, namun ia optimis akan mampu berbuat ke arah yang diharapkan karena mendapat dukungan semua pihak terutama perwakilan Forsimas dari berbagai negara.

“Kami segera menyusun struktur lengkap yang akan disahkan oleh perwakilan negara yang selama ini sudah bergabung dalam Forsimas”, kata Basri.

Forsimas dicetuskan pertama kali pada 1 Juli 2006 di Banda Aceh yang saat itu dihadiri oleh tiga negara yakni Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Pendirinya almarhum HM Hasan Basry yang saat itu sebagai ketua Umum Dewan Kemakmuran Masjid Aceh (DKMA). Terakhir tahun 2018 pertemuan Forsimas tingkat Asean tersebut dilaksanakan di Kota Kinabalu Sabah.

Dalam AD/ART disebutkan kedudukan Forsimas Pusat adalah di Banda Aceh dengan anggotanya perwakilan komunitas masjid Asean bahkan dunia.

Kantor Sekretariat Forsimas berada di Sektor Selatan Darussalam bantuan dari muslim Captown Afrika Selatan melalui Kementerian Luar Negeri pada tahun 2010.

Pasca meninggalnya Hasan Basry pada tahun 2017, jabatan Sekjen Forsimas dipercayakan sementara kepada Prof Dr H. Rusydi Ali Muhammad sejak 2018, namun kerena alasan kesehatan, Rusydi membuat surat pengunduran diri pada 31 Desember 2021. (*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image