Mengenal Nabi Ulul Azmi dan Mukjizatnya

Image
Hamdani
Agama | Friday, 28 Jan 2022, 20:30 WIB
Foto Freepik

Allah SWT telah menurunkan begitu banyak para nabi untuk menyampaikan risalah yang benar kepada manusia di dunia. Namun diantara nabi dan rasul yang pernah diutus hanya 25 orang yang sering dihafal atau wajib diimani.

Demikian dikatakan Tgk. Muhammad Nizar, S.Fil.I dalam khutbah Jum'at di Masjid Tanjung Selamat, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Jumat, 28 Januari 2022.

"Diantara ke 25 nabi tersebut pun terdapat nabi yang digolongkan atau disebut nabi ulul azmi. Yaitu nabi yang sangat berat perjuangan dakwahnya," tambahnya.

Setiap nabi diberikan mukjizat oleh Allah untuk membuktikan kebenarannya.

Mukjizat sendiri berarti sesuatu yang luar biasa dan biasa terjadi pada diri nabi atau Rasulullah untuk membuktikan bahwa dirinya adalah Nabi atau Rasul Allah yang tidak dapat ditiru oleh siapapun.

Ke 5 nabi ulul azmi yang kita kenal sebagai berikut:

Nabi Nuh

Nabi Nuh as diperintahkan oleh Allah untuk membuat bahtera diatas bukit hingga dia dikatakan gila oleh orang-orang yang tidak mau mengikutinya. Perjuangan beliau mendakwahkan kebenaran kepada umatnya tergolong sangat berat bahkan istri dan anaknya sendiri tidak mau mengikuti syariatnya.

Nabi Nuh mendapat mukjizat dari Allah SWT berupa keselamatan saat terjadi banjir bandang. Pada zaman itu Allah SWT memberikan azab banjir bandang bagi kaum Nabi Nuh yang mengingkari ajaran-ajaran yang dibawa beliau. Saat peristiwa banjir bandang terjadi, Nabi Nuh beserta para pengikutnya berhasil selamat karena berada di dalam bahtera yang sudah mereka buat sebelumnya.

Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim hidup pada zaman kekuasaan Raja Namrud, di mana saat itu banyak masyarakat yang masih menyembah berhala. Salah satu cara yang dilakukan Nabi Ibrahim untuk mencegah masyarakat agar tidak menyembah berhala ialah menghancurkan berhala-berhala tersebut.

Terang saja hal ini membuat Raja Namrud marah dan memberi hukuman kepada Nabi Ibrahim dengan cara dibakar. Namun atas kehendak Allah SWT, Nabi Ibrahim dapat selamat dari panas api membakarnya. Sebagaimana dalam salah satu surah Al Quran berikut ini, yang artinya:

Mereka berkata: “Bakarlah dia dan bantulah ilah-ilah kamu, jika kamu benar-benar hendak bertindak. Kami berfirman: “Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim. Mereka hendak berbuat makar terhadap Ibrahim, maka Kami menjadikan itu mereka orang-orang yang paling merugi.” (QS. Al- Anbiya’ ayat 68-70).

Api yang pada hakikatnya adalah membakar, namun karena perintah Allah dan atas izin Nya api tersebut menjadi dingin dan menyelamatkan Nabi Ibrahim as.

Nabi Musa

Nabi ulul azmi berikutnya adalah Nabi Musa As. Allah SWT memberikan mukjuizatnya kepada Nabi Musa berupa tongkat yang dapat menjadi seekor ular. Tak hanya itu, tongkat tersebut juga mampu membelah laut merah menjadi sebuah jalan, sehingga Nabi Musa dan para pengikutnya berhasil selamat dari kejaran Firaun.

Nabi Isa

Nabi Isa diberikan kelebihan luar biasa atau mukjizat oleh Allah SWT dengan bisa berbicara saat beliau masih bayi untuk membela ibun nya Siti Maryam. Maryam adalah perempuan suci yang dipilih oleh Nya untuk melahir seorang Nabi Isa as.

Mukjizat lainnya dari Nabi Isa adalah dapat menyembuhkan orang-orang buta, menghidupkan orang-orang yang meninggal dunia.

Nabi Muhammad Saw

Sebagaimana nabi yang lain. Rasulullah Saw juga diberikan berbagai mukjizat. Salah satu yang hingga saat ini masih bisa kita lihat mukjizat Nabi Muhammad Saw yaitu al-Quran.

Disaat mukjizat nabi-nabi yang lain sudah tidak ada lagi namun mukjizat Nabi Muhammad Saw masih ada hingga sekarang dan dapat dilihat, dan dibaca oleh umatnya.

Kapal Nabi Nuh tidak ada lagi, tongkat Nabi Musa pun sudah tidak ada. Api yang membakar Nabi Ibrahim juga telah tidak ada," ucap Tgk Muhammad Nizar.

Mukjizat al-Quran bersifat universal dan abadi yakni berlaku untuk semua umat manusia sampai akhir zaman.

Karena itu, al-Quran adalah sebagai mukjizat terbesar dari semua mukjizat-mukjizat yang diberikan Allah Swt kepada para Nabi sebelumnya dan kepada Nabi Muhammad Saw sendiri.

"Namun begitu bagi kita umat Muhammad, mari renungkan ada berapa kali setiap hari kita membaca mukjizat beliau?," kata Tgk Muhammad Nizar menyoalkan.

Dia mengingatkan, padahal Al-Quran adalah mukjizat yang luar biasa. Ia tidak kalah hebat nya dengan mukjizat tongkat Nabi Musa dan mukjizat nabi-nabi lainnya. Maka mari kita perbanyak membaca Alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. (*)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Suara Rakjat

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Permisan Nusakambangan Diserbu Lanal Cilacap

Image

Membangun ekosistem industri halal yang kuat dan merata di indonesia

Image

Bantuan Pendanaan Startup Oleh Pemerintah Indonesia Untuk Para Mahasiswa

Image

Ceramah Agama Habib Hadi Asegaf di Ponpes AT-TAUBAH LAPAS KELAS I MALANG

Image

Esay APBN 2022

Image

Black Market Polemik Pengusaha Elit

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image