Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Santuso

Ciri-Ciri Ahlul Qur#039an Serta Langkah-Langkah untuk Menggapainya

Agama | 2022-01-28 07:47:09
Al-Qur'an Hafalan Cepat
Al-Qur'an Hafalan Cepat "Al-Hafidz" - terbitan Cordoba (ISBN: 9786026765178)

A. Ciri-Ciri Ahlul Qur'an

1. Selalu bersemangat dalam melaksanakan semua amal saleh yang telah disyariatkan oleh Allah dan Rasul-Nya.

Abu Bakar dikenal sebagai sahabat yang sabbaaq, artinya tidaklah Rasulullah Saw. melakukan suatu amal saleh kecuali Abu Bakar segera melakukannya, sampai membuat Umar bin Khattab ghibtoh (iri dalam hal kebaikan) kepada beliau.

2. Tidak menyia-nyiakan kesempatan beramal saleh dengan tidak menunda-menundanya.

Setelah Umar bin Abdul Aziz dilantik menjadi khalifah, beliau ingin beristirahat. Lalu putranya bertanya: "Wahai Amirul Mukminin, kapan anda akan bekerja?" Beliau menjawab: "Nanti sore." Namun ketika beliau diingatkan: "Siapakah yang berani menjamin bahwa usia anda sampai sore?"Beliau langsung tergugah oleh tausiyah ini, maka beliau segera bekerja mengurus umat, meninggalkan waktu istirahatnya.

3. Mudah tergugah untuk beramal saleh.

Apabila ia melihat orang lain beramal saleh, terketuklah hatinya dan timbul perasaan tidak ingin kalah dalam beramal saleh, maka ia langsung segera beraksi.

B. Langkah-Langkah Menjadi Ahlul Qur'an

Syarat utama untuk menjadi ahlul Qur'an adalah kemauan dan keinginan yang tinggi sehingga menghasilkan aksi sebagai berikut.

1. Teruslah Berdoa dan teruslah berprasangka baik kepada Allah Swt.

2. Menjadikan Al-Qur'an sebagai agenda utama dalam keseharian. Semangat untuk lebih dekat dengan Allah mendorongnya untuk beribadah kepada-Nya sebagai persiapan kehidupan akhirat. Tidak ada agenda lain yang dapat mengalahkan kegiatan bersama Al-Qur'an kecuali karena uzur syar'i atau darurat. Senantiasa rindu dan membayangkan kebersamaannya dengan Al-Qur'an.

3. Berusaha memahami dan men-tadabburi Al-Qur'an, serta benar-benar menjadikan Al-Qur'an sebagai rujukan dalam seluruh aspek kehidupannya.

4. Menyebarkan fikrah Al-Qur'an kepada umat dengan mengajarkannya; baik pengajaran tilawahnya, menghafalnya, sampai memahamkan isinya.

C. Rasulullah Saw. adalah Sebaik-Baik Ahlul Qur'an

Sebaik-baik ahlul Qur'an adalah Rasulullah Saw., yang jelas besar perhatiannya terhadap Al-Qur'an. Jika kita ingin mendapatkan contoh nyata bagaimana Rasulullah Saw. berinteraksi dengan Al-Qur'an, bacalah sirah kehidupan Rasullullah Saw. Begitu kuatnya interaksi beliau dengan Al-Qur'an, sehingga dalam hadis dinyatakan bahwa Rasulullah Saw. mendapatkan sebutan Al-Qur'an Al Hayy (Al-Qur'an yang hidup berjalan di tengah-tengah manusia).

Begitu juga umumnya para sahabat, mereka adalah manusia-manusia yang sangat aktif bersama Al-Qur'an. Utsman bin Affan dalam nasihatnya mengatakan: "Kalau saja hati kita bersih dari dosa dan syirik maka jiwa ini tidak akan pernah puas dengan Al-Qur'an." Kita akan selalu berusaha mengambil berbagai macam manfaat dari Al-Quran.

Semoga Allah memilih kita semua sebagai Ahlul Quran. Aamiin.

[sumber inspirasi: Al-Qur'an Hafalan Cepat "Al-Hafidz" - terbitan Cordoba]

www.instagram.com/khoiruummah_jember
www.instagram.com/khoiruummah_jember

Yuk kita gapai pahala yang luar biasa dari sedekah dengan menyalurkan donasi ke Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Jember. Sekolahnya para penghafal Al-Qur’an dan calon pemimpin masa depan. Donasi akan digunakan untuk pembiayaan pembangunan gedung sekolah penghafal Al-Qur’an STP Khoiru Ummah Jember.

Donasi dapat ditransfer melalui rekening :

Bank Syariah Indonesia (BSI) 2700010167 a.n. Yayasan Khoiru Ummah Jember

(Konfirmasi setelah pembayaran ke Ustadzah Vrisca 081236073540 atau Call Center Yayasan Khoiru Ummah 082130001131)

Anda juga dapat datang langsung ke Kantor Yayasan STP Khoiru Ummah

Hari : Senin - Sabtu

Pukul : 08.00 - 15.00

Alamat: Jalan Mastrip 3A Sumbersari Jember (dapat dilihat di google maps)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image