Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Kenali Berbagai Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Eduaksi | Thursday, 27 Jan 2022, 16:20 WIB

Kayu manis (cinnamomum verum) merupakan sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk kedalam jenis rempah rempah yang sangat beraroma, manis, dan pedas. Masyarakat biasa menggunakan rempah-rempah dalam makanan yang dibakar manis.

Kayu manis umumnya digunakan sebagai bumbu makanan tertua yang telah digunakan manusia. Bumbu berbahan kayu manis ini dtelah digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan telah disebutkan beberapa kali dalam kitab-kitab Perjanjian Lama.

Sebuah penelitian modern menunjukkan bahwa kayu manis ini mungkin memiliki beberapa sifat yang sangat bermanfaat (dilansir dari jamkesehatan.com). Berikut ini beberapa diantara:

· Mengurangi peradangan kronis

· Mencegah Parkinson

· Mengobati alzheimer

· Mengobati tumor otak

· Mengobati meningitis

· Mengandung serat, kalsium, zat besi, dan mangan walaupun dosisnya kecil.

· Mengurangi kadar kolesterol LDL atau kolestrol jahat. Mengurangi kolesterol LDL bisa memperkecil resiko penyakit kardiovaskular.

· Memiliki kandungan senyawa anti infeksi alami. Kayu manis efektif terhadap H. pylori yaitu bakteri yang menyebabkan borok atau bisul dan patogen lainnya.

· Mengurangi rasa sakit terkait dengan arthritis, hal ini telah ditunjukan dalam studi di Departemen of Internal Medicine, Rumah Sakit Kangnam Korea. Kayu manis bisa di pakai untuk mengurangi sitokin terkait dengan nyeri rematik.

· Penelitian di University of Texas, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer, menunjukkan bahwa kayu manis bisa mengurangi proliferasi sel kanker dan untuk pencegahan kanker.

· Kayu manis memiliki kandungan zat kimia alami yang disebut cinnamaldehyde, yang menurut penelitian meningkatkan hormon progesteron dan menurunkan produksi testosteron pada wanita, sehingga membantu menyeimbangkan hormon yang mempengaruhi kesuburan.

· Kayu manis menawarkan perawatan terhadap berbagai penyakit neurodegenerative, termasuk penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak, dan meningitis, menurut penelitian di Laboratorium Penelitian sitokin, Departemen Experimental Therapeutics, The University of Texas. Penelitian mereka menunjukkan bahwa kayu manis mengurangi peradangan kronis terkait dengan gangguan neurologis ini.

· Penelitian tanaman obat India mengungkapkan bahwa kayu manis dapat berpotensi efektif terhadap HIV4. Menurut penulis penelitian, “ekstrak yang paling efektif terhadap HIV-1 dan HIV-2 masing-masing adalah kayu manis (kulit kayu) dan Cardiospermum helicacabum.

· Mencegah penyakit jantung. Dengan berkurangnya LDL, otomatis akan menyehatkan jantung.

· Menyehatkan pembuluh darah. Kolesterol LDL dalam tubuh membuat pembuluh darah akan tersumbat, kayu manis dapat mencegah hal tersebut.

Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Secara tradisional, kayu manis juga dijadikan sebagai suplemen untuk mengobat berbagai macam penyakit, khasiatnya sangat ampuh apabila dicampurkan dengan madu, biasanya pengobatan menggunakan kayu manis ini digunakan untuk penyakit jantung, radang sendi, kulit, dan perut kembung.

Asam Urat

Asam urat dapat menyababkan gejala nyeri tidak tertahankan nyeri yang terjadi pada sendi jari tangan dan jari kaki, dapat diobati dengan cara, ambil kayu menis sebesar ibu jari, 4 lembar sosor bebek, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkih, 15 gram jahe merah, dan 3 gelas air (600 ml).

Kemudian rebus semua bahan bersamaan hingga air tersisa setenganya (300ml). Saring, minum airnya 2 kali sehari masing-masing 150ml setengahnya dari air rebusan tersebut.

Hernia

Hernia adalah penyakit akibat melemahnya lapisan otot perut dapat diobati dengan caranya ambil. 5 gram kayu manis, 5 lembar daun jambu biji, dan 3 gelas air (600 ml). Kemudian rebus semua bahan hingga air tersisa setengahnya (300ml), tambahkan gula secukupnya, dan minum dua kali sehari masing-masing 150ml.

Diabetes

Diabetes merupakan momok yang menakutkan penderitanya karena penyakit ini sangat sulit disembuhkan dan umumnya merupakan penyakit yang diwariskan turun-temurun, namun jika anda penderita diabetes bisa mencegah diabetes dengan cara, ambil 2 batang kayu manis (5cm), dan air panas (200ml). seduh kayu manis kedalam air panas tersebut, kemudian minum dua kali sehari masing masing satu gelas.

Maag

Maag adalah suatu kondisi dimana terjadi peradangan, pembengkakakan dan iritasi pada lambung, penyakit ini umumnya menyerang tiba-tiba dalam waktu singkat. Maag umumnya diderita oleh mereka yang pola makannya tidak teratur, akan tetapi fakta lain mengatakan maag lebih banyak diderita oleh orang yang sering stress.

Hal ini dapat diatasi dengan memanfaatkan kayu manis untuk mengobatinya dengan cara ambil 10 gram kayu manis dan 1 gelas air (200ml). Rebus hingga air tersisa setengahnya (100ml). Saring dan minum selagi airnya hangat. Ulangi pengobatan maag dengan ramuan ini dua kali sehari masing masing minum (100ml) air, jika airnya dingin anda bisa merebusnya kembali.

Muntah-Muntah

Jika anda mengalam mual dan muntah-muntah karena alasan tertentu, anda bisa mengatasinya dengan membuat ramuan dengan kayu manis, ambil 1 kayu manis sebesar ibu jari, 3 butir kapulaga, 10 gram temu kunci, dan air (800ml). kemudian rebus bersamaan sehingga air tersisa setengahnya (400ml). minum sehari dua kali masing-masing sebanyak (200ml).

Anti Infeksi

Kayu manis memiliki komponen anti-infeksi alami. Dalam berbagai penelitian menunjukkan bahwa, kayu manis terbukti efektif membasmi bakteri H.Pylori yang menjadi penyebab utama sakit maag, serta berbagai macam jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri.

Mengontrol Gula Darah

Kayu manis memiliki kandungan antioksidan seperti flavonoid yang dapat membantu mengontrol gula darah agar tetap stabil. Kayu manis dapat membantu proses pencernaan saat setelah makan dan dapat membantu memperbaiki respons insulin terhadap penderita diabetes tipe-2.

Mengonsumsi satu gram kayu manis diketahui dapat menurunkan tingkat gula darah, kolestrol jahat, triglycerides, dan kolestrol total pada pasien diabetes. Dikutip dari whfoods.com, kayu manis juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung pada penderita diabetes.

Meningkatkan Fungsi Otak

Hanya mencium bau dari kayu manis saja dipercaya dapat meningkatkan aktivitas otak. Penelitian menunjukan bahwa bau kayu manis ini isa meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal mengingat, konsentrasi, dan kecepatan otak saat bekerja didepan komputer.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Pada penelitian di University of Texas menunjukkan bahwa manfaat kayu manis dapat menurunkan profilerasi sel kanker. Bukan hanya itu saja, kayu manis juga menjadi salah satu jenis rempah-rempah yang dapat menyembuhkan kanker dan sudah terkenal khasiatnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image