Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ima Aryani

PKM: Budidaya TOGA Bersama Keluarga Panti Asuhan Aisyah

Eduaksi | Tuesday, 24 Sep 2024, 22:13 WIB

Wujud pengabdian dosen kepada Masyarakat yaitu mengadakan kegiatan bersama mitra untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat. Salah satu kegiatan tersebut adalah budidaya tanaman obat keluarga biasa disingkat dengan TOGA. Kegiatan ini telah berlangsung pada tanggal 30 Juni 2024 dan masih berlanjut sampai bulan November 2024 di panti asuhan Aisyah Bekonang mojolaban Sukoharjo.

Tim pengabdian ini diketuai oleh Ibu Dr. Efri Roziaty, S.Si, M.Si, dosen Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Kegiatan ini diikuti oleh 45 peserta warga panti asuhan, 15 adalah pengurus panti dan 30 adalah anak panti asuhan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memanfaatkan lahan kosong yang ada di panti asuhan sekaligus memberikan bekal pengetahuan tentang TOGA kepada anak panti asuhan.

“Panti asuhan ini menampung anak-anak yatim yang berjenis kelamin perempuan yang menempuh pendidikan formal di SMP dan SMA. Oleh karena itu perlu dibelaki dengan kreativitas dalam budidaya tanaman, khususnya TOGA. Harapkan kami nantinya setelah keluar dari panti, mereka dapat mengimplementasikan di tempat mereka tinggal” Jelas Ibu Wartini selaku kepala panti asuhan dalam sambuatannya”.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang telah dilakukan disambut antusias oleh warga panti. Mereka semangat dalam mengikuti kegiatan, memperhatikan dengan seksama dan mampu mempraktekkan sesuai arahan. “Kegiatan ini berlangsung lancar, anak-anak panti asuhan senang dengan adanya kegiatan ini, mereka minta kegiatan ini bisa rutin dilakukan di panti asuhan. Selain itu harapan kami dari tim pengabdian, anak-anak panti mendapatkan bekal pengetahuan dan pemanfaatan TOGA” Jelas Ibu Efri selaku ketua tim pengabdian.

TOGA yang dibudidaya adalah jenis yang paling sering dikonsumsi sebagai obat sehari-hari dan mudah cara memanfaatkannya. TOGA tersebut antara lain, Kunyit, Jahe, Sereh, Jeruk, Kelor, dan beberapa TOGA lainnya.

Semoga dari kegiatan ini dapat lebih meningkatkan pengetahuan tentang TOGA, serta menginspirasi anak-anak panti asuhan tentang pemanfaatan TOGA. Karena TOGA dapat dipakai untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image