Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Gilang Wisnu Pramedia

Manfaat Singkong untuk Tubuh

Info Sehat | Tuesday, 17 Sep 2024, 15:17 WIB

Manfaat kesehatan dari singkong rebus sangat banyak. Makanan pokok dengan banyak nutrisi adalah singkong. Singkong mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin A, potasium, fosfor, magnesium, kalsium, dan air, di antara nutrisi lainnya.

Merebus singkong juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain sebagai sumber serat yang menyehatkan, baik untuk pencernaan, membentuk tubuh langsing dan sehat, menguatkan otot, memberi nutrisi pada jaringan tubuh, memperkuat kekebalan tubuh, menambah energi, dan mencegah diabetes.

Anda benar-benar perlu memprosesnya dengan benar untuk mendapatkan manfaat ini. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang manfaat merebus singkong dan cara mengolahnya dengan benar,

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Singkong adalah makanan indeks glikemik rendah. Ini menunjukkan bahwa makanan ini tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat. Sementara itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa singkong membantu mencegah diabetes dan resistensi insulin. Bahkan penderita diabetes dapat memperoleh manfaat dari kemampuan singkong untuk mengontrol kadar gula darah.

Singkong dikatakan digunakan sebagai obat alternatif untuk mengobati kelelahan, diare, infeksi, masalah kesuburan, dan menginduksi persalinan selain manfaat yang disebutkan di atas. Namun, belum ada bukti medis yang mendukung klaim bahwa singkong dapat digunakan sebagai obat alternatif.

2. Dapat Meningkatkan Energi

Manfaat kesehatan dari singkong termasuk meningkatkan energi. Ini karena tubuh membutuhkan karbohidrat untuk menghasilkan energi, dan singkong memilikinya.

Otak akan berfungsi lebih efektif ketika tubuh memiliki energi yang cukup. Singkong juga mengandung vitamin B1 atau tiamin yang memungkinkan tubuh menggunakan karbohidrat sebagai energi dan mencegah penumpukan karbohidrat dalam tubuh.

3. Bisa Membuat Badan Menjadi Langsing

Singkong dapat untuk membentuk tubuh menjadi langsing, dan juga sehat, untuk kamu yang ingin mencobanya, silahkan kamu rebus atau kukus singkong tersebut.

4. Didapati Kandungan Antioksida

Singkong memiliki banyak antioksidan, dan kandungan vitamin C, vitamin A, dan beta-karotennya yang tinggi memberikan manfaat tambahan. Antioksidan seperti vitamin C dan vitamin A membantu mengatasi kerutan pada kulit, mencegah penyakit jantung, dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

5. Dapat Mengatasi Kecanduan

Mengkonsumsi singkong rebus dapat membantu kita yang ingin mengatasi kecanduan alkohol dan tembakau atau bentuk kecanduan lainnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image