Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Politik-Mati Langkah

Politik | 2024-08-20 08:33:46

Mati Langkah

===

Apa yang terjadi dengan pra pilkada Jakarta, menurut hemat kami menandakan satu kondisi politik-mati langkah.

Kita mungkin sudah tahu siapa pemenangnya sementara, dan siapa yang berpotensi menang di pilgub nanti.

Kemungkinan kotak kosong untuk menang mungkin saja, tapi tidak realistik kata sebagian pengamat. Munculnya calon independen pun belum menjamin dapat mengalahkan koalisi kim plus itu. Sebagian pendukung Anies masih berharap keajaiban di detik detik terakhir.

Kami melihat, PKS bisa saja mati langkah bila tidak bergabung dengan kim plus. Mungkin mereka belajar dari pemilu barusan dan beberapa kasus di belakang sejak 2007.

Ini bila keadaannya stabil dan PKS tidak kena prank. Semoga tidak ya. PDIP dan Pak Anies agaknya tepat dalam kondisi mati langkah.

Begitupun PKB dan Nasdem atau bahkan Golkar, bisa saja terkondisi dalam "mati langkah (tak bisa mengambil arah lain), namun keadaan tampak adalah mereka diuntungkan.

Padahal kursi terbanyak di Jakarta adalah dari PKS. Idealnya PKS berhasil menginisiasi Pak Anies di awal kemarin (duet Aman), namun peta jalan berubah. Hampir semua kita terkondisi mati langkah.

Apa lagi masyarakat awam yang berjibaku dengan persoalan hari hari, tentu semakin mati langkah!

Dok.republika.ilusttasi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image