Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

7 Alasan Mengapa Penting Mendirikan Shalat Malam

Agama | Tuesday, 06 Aug 2024, 14:24 WIB
sumber gambar: freepik.com

Shalat malam dalam bahasa Arab disebut dengan Shalatul Laila tau dalam istilah fiqih disebut sebagai shalat tahajud. Banyak juga ayat dalam Al-Quran dan hadist yang menyebutnya sebagai qiyamul lail.

Secara bahsa maksudnya bangun malam yang bisa jadi seseorang tidak tidur malam karena shalat, membaca Al-Qur’an, atau ibadah lainnya. Namun dari banyak nash dipahami bahwa yang dimaksud dengannya adalah shalat malam.

Dalam Al-Quran ataupun hadist, shalat malam sangat ditekankan untuk dilaksanakan bagi umat Islam. Seorang muslim yang mendirikan shalat malam, maka ia dijanjikan pahala dan kebaikan yang tak terlukiskan.

Mengapa shalat malam sangat dianjurkan?

1. Bukan sebuah kewajiban yang bila tidak melaksanakannya maka akan mendapatkan ancaman dan murka Allah SWT. Namun, sebab ini amalan sunnah yang kuat memberikan indikasi bahwa orang yang melakukannya mengeharapkan kedekatan kepada Allah dengan melaksanakan amalan yang dicintaiNya, yaitu bangun malam dan shalat karenaNya.

2. Shalat malam dilakukan dalam keheningan malam dan kesendirian, menjadikan orang yang melakukannya untuk jauh dari mengharapkan pujian karena ingin dilihat orang. Dia murni melakukannya hanya untuk mencari rahmat dan ridha Allah Ta’ala.

3. Shalat malam yang didirikan seorang muslim beriman adalah bagian dari ketaatan. Ia meninggalkan hawa nafsu dari nikmatnya tidur. Dan menunjukkan tinggi keimanannya kepada Allah Ta’ala.

4. Shalat malam menjadi sarana dan jalan untuk merenung dan bertafakur kepada Allah Ta’ala. Hal ini bantu memperkuat keimanan dan menjadi wasilah dapatkan kekhusuan dalam ibadah yang tidak didapatkan di siang hari.

5. Shalat malam menjadi Latihan dalam mengatur waktu bagi hambaNya yang beriman agar selalu menyediakan waktu untuk beribadah kepada Allah di malam hari dengan penuh keimanan.

6. Shalat malam menjadi ikhtiar agar kita dijauhkan dari segala dosa dan maksiat di malam hari atau pun amalan yang sia-sia.

7. Menjadi bukti kecintaan kepada Allah SWT karena mengkhususkan waktu untuk berjumpa dengan Sang Pencipta di malam hari. Dan berduaan hanya denganNya.

Tentunya, dibalik perintah untuk mengerjakan shalat malam, tentu ada jaminan pahala dan kebaikan yang akan diperoleh bagi hamba-hambaNya yang mendirikannya. Mudah-mudahan Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan taufik dan hidayahNya kepada kita semua agar senantiasa meluangkan dan mengkhususkan waktu di malam hari untuk shalat dan bermunajat dalam kekhusuan kepadaNya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image