Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Intan Permata Sari

Memulai Hidup Minimalis untuk Kaum Milenial

Gaya Hidup | 2024-07-22 14:21:38

Konsep hidup minimalis sebenarnya bukan sesuatu yang terbilang baru. Namun, masih banyak dari masyarakat kita terlebih kaum milenial yang masih belum paham mengenai konsep hidup yang seperti ini. Hidup minimalis dapat diartikan dengan menjalani pola hidup yang sederhana, tidak menginginkan segala yang berlebihan, dan menjaga apa yang sudah dimiliki. Menjalani hidup minimalis ini juga akan memberikan kamu banyak manfaat, diantaranya membantu menghilangkan stress, mengurangi budget pengeluaran, dan membuat hidup kamu jadi lebih tertata.

Tertarik untuk mencoba hidup minimalis, tapi kamu bingung harus mulai darimana? Berikut akan kita bahas beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai hidup minimalis.

1. Decluttering

Pinterest.com

Decluttering adalah kegiatan memilih dan memilah barang yang sudah tidak digunakan. Kegiatan ini bisa jadi langkah awal bagi kamu yang ingin hidup minimalis. Kamu bisa mulai dari memilah pakaian yang ada di lemari. Pilihlah pakaian yang pasti akan kamu gunakan dan coba buang atau sumbangkan pakaian yang menurut kamu sudah jarang bahkan hampir tidak pernah digunakan.

Ada pula beberapa barang yang menurut kamu penting, namun sangat jarang digunakan, seperti pakaian untuk acara formal atau pakaian untuk pesta tertentu. Kamu bisa memindahkan dan menyimpan barang tersebut di tempat lain yang jarang kamu buka, contohnya di lemari bagian belakang atau untuk barang yang berukuran besar bisa kamu tempatkan di gudang. Dengan ini kamu tidak akan terganggu dengan barang-barang tersebut.

Kegiatan seperti ini dijamin akan membantu meningkatkan kesehatan mental kamu, seperti mengurangi stress dan membantu mengatasi susah tidur. Melihat barang yang semakin sedikit, tentunya pikiran kamu akan ikut tenang dan lebih nyaman untuk beraktivitas di ruangan tersebut.

2. Membeli Barang Sesuai Kebutuhan

Pinterest.com

Kamu harus bisa memutuskan barang apa saja yang memang sangat kamu butuhkan dan barang apa yang kamu inginkan. Jika kamu ingin hidup minimalis, kurangi pola hidup konsumtif. Pastikan kamu membeli barang yang akan kamu butuhkan dalam jangka waktu yang lama, hindari membeli barang yang akan digunakan satu atau dua kali saja. Sedikit tips untuk kamu yang rasanya perlu untuk selalu tampil berbeda dalam setiap kesempatan. Kamu bisa membeli pakaian, aksesoris, atau barang lainnya yang mudah untuk di mix and match. Ini akan membantu kamu untuk hemat dalam berbelanja sekaligus tetap bisa tampil sesuai keinginan kamu.

3. Menata Ruangan

Pinterest.com

Setelah decluttering dan menyimpan barang yang dibutuhkan, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menata ulang ruanganmu. Ruangan pertama adalah kamar, tempat yang paling sering kamu diami. Kamu bisa menyusun pakaian di lemari, merapikan meja belajar atau meja kerja, kemudian menempatkan beberapa tanaman untuk menyegarkan ruanganmu. Pastikan ruanganmu terlihat berbeda dari sebelumnya agar kamu merasakan nuansa dan lingkungan yang lebih fresh. Selanjutnya kamu bisa mulai untuk menata ruangan lain seperti ruang tamu hingga dapur.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image