Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tri Anna Rindi Astuti

Fenomena Campur Kode pada Channel Youtube

Sastra | 2024-06-28 07:11:34
Sumber foto pinterest

Di era digital yang terus berkembang ini,banyak media sosial yang digunakan untuk membagikan sebuah ide, cerita, dan ulasan produk. Salah satunya media sosial Youtube. Youtube merupakan platform daring yang memungkinkan pengguna untuk menonton, atau mengunggah dan berbagi video.Youtube juga merupakan wadah untuk berkreasi,mengekspresikan diri,dan menemukan konten-konten yang unik. Seperti dari vlog pribadi hingga tutorial, Youtube memungkinkan siapa pun untuk menjadi pembuat konten dan menjangkau para penonton dan pendengar secara global.

Salah satunya konten kreator Youtube yang berbagi ide mengenai tentang tutorial kecantikan maupun memberikan ulasan sebuah produk kecantikan,hingga fashion adalah Sunny Dahye, dengan menggunakan campuran bahasa indonesia,bahasa korea dan juga bahasa inggris. Sunny Dahye salah satu bintang yang bersinar di ranah kecantikan,seorang youtuber,beauty Vlogger dan influencer, yang lahir di Korea Selatan. Melalui konten-kontennya,Sunny Dahye telah berhasil memikat para penonton.

Konten-konten Sunny Dahye berhasil menarik para ribuan penonton. Salah satunya dalam video yang berjudul "Full Review Jujur Brand Makeup Tercantik Flower Knows Edisi Little Angel! Makeup Next Level!", dari konten tersebut menunjukkan kepiawaiannya dalam menggabungkan dua bahasa, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Fenomena penggunanaan gabungan dua bahasa atau lebih dapat dikenal dengan istilah campur kode.

Apa itu campur kode? Suatu praktik menggunakan dua bahasa atau lebih dalam satu kalimat atau pada suatu percakapan. Pada umumnya campur kode terjadi antara bahasa indonesia dan bahasa inggris apalagi pada dunia konten kreator. Campur kode sering digunakan untuk dapat menjangkau penonton dan pendengar yang lebih luas.

Lalu jenis-jenis campur kode ada tiga yaitu antara lain ada campur kode ke dalam yaitu pencampuran suatu bahasa yang masih serumpun atau yang memiliki hubungan kekerabatan,seperti pencampuran bahasa jawa dan bahasa indonesia. Campur kode keluar yaitu mencampurkan unsur bahasa yang tidak serumpun contohnya seperti pencampuran bahasa indosenisa dengan bahasa inggris. Yang ketiga ada campur kode campuran yaitu pencampuran bahasa dua atau lebih kelompok bahasa yang berbeda,baik serumpun maupun tidak serumpun.

Pada akun Youtube konten kreator Sunny Dahye, dalam unggahan vidionya yang berjudul "Full Review Jujur Brand Makeup Tercantik Flower Knows Edisi Little Angel! Makeup Next Level!" yang diunggah pada 7 Maret 2024.

Dalam video tersebut megenai ulasan produk tata rias wajah Flower Knows, Sunny Dahye menggunakan campur kode untuk memberikan suatu ulasan yang lebih hidup dan menarik.

Berikut adalah contoh penggunaan campur kode pada unggahan video Sunny Dahye pada "Full Review Jujur Brand Makeup Tercantik Flower Knows Edisi Little Angel! Makeup Next Level!"

Data 01 :

Pada durasi yang ke 0.14 Sunny Dahye mengatakan “Jadi aku sempat ada masalah shipping gitu ya” .

Berdasarkan data diatas, diperoleh peristiwa campur kode yang terdapat dalam data tersebut yaiutu adanya penggunaan bahasa indonesia yang disisipi bahasa inggris “Shipping”. Adapun jenis campur yang terjadi ialah campur kode keluar.Berdasarkan bentuknya dari data tersebut adanya penyisipan yang berwujud kata “Shipping” yang artinya pengiriman.

Data 02 :

Pada durasi yang ke 00:23 Sunny Dahye mengatakan “Ada sedikit drama gitu lah ya,But anyways maka karena itu aku reviewnya agak sedikit telat dibandingkan yang lainnya”.

Berdasarkan data diatas,adanya penggunaan campur kode bahasa indonesia yang disisipi bahasa inggris “But”, “Anyways” dan “Review”. Jenis campur kode yang digunakan ialah campur kode keluar. Berdasarkan bentuknya dari data tersebut adanya penyisipan yang berwujud kata “But” yang artinya tetapi, “Anyways” yang artinya bagaimana dan “Review” yang artinya ulasan.

Data 03 :

Pada durasi yang ke 00:38 Sunny Dahye mengatakan “Aku dikirimin jewlery box yang gede banget yang sangat ikonik.

Berdasarkan data diatas,adanya penggunaan campur kode bahasa indonesia yang disisipi bahasa inggris “jewlery box” Jenis campur kode yang digunakan ialah campur kode keluar. Berdasarkan bentuknya dari data tersebut adanya penyisipan yang berwujud klausa “jewlery box” yang artinya kotak perhiasan.

Urgensi penggunaan campur kode pada konten kreator Sunny Dahye ialah untuk menjangkau pendengar dan penonton lebih luas,campur kode yang digunakan Sunny Dahye dapat memungkinkan terjadinya komunikasi dengan audiens internasional yang memahami bahasa inggris tanpa kehilangan penontonyang lebih nyaman menggunakan bahasa indonesia. penggunaan campur kode dalam percakapan sehari-hari adalah hal yang umum. Dengan menggunakan campur kode, Sunny Dahye menciptakan konten yang terasa lebih alami dan autentik bagi penontonnya, yang mungkin juga sering menggunakan campur kode dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi dari data diatas dan berdasarkan video Sunny Dahye menunjukkan adanya penggunaan campur kode keluar dalam video "Full Review Jujur Brand Makeup Tercantik Flower Knows Edisi Little Angel! Makeup Next Level!". Dari fenomena ini Sunny Dahye memberikan sentuhan yang unik dan relevan,mencerminkan kenyataan bahwa banyak orang saai ini banyak menggunakan campur kode.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image