Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Venlie Sanjaya

Cara Menanggapi Berita yang Beredar di Media Massa

Eduaksi | Wednesday, 19 Jun 2024, 00:44 WIB
https://images.app.goo.gl/6EQmpkKgRquXeu5V6" />
Sumber gambar : https://images.app.goo.gl/6EQmpkKgRquXeu5V6

Pada era serba digital, kita sebagai manusia tidak dapat dipisahkan pada teknologi yang banyak beredar dan memudahkan hidup kita. Berita yang sebelumnya diedarkan melalui surat kabar pun sudah berganti menjadi media online, seperti televisi dan gadget.

Tak hanya itu, orang-orang pun bebas memberikan opininya pada media massa yang bisa dicari dalam beberapa detik saja. Namun, apakah semua berita dan opini di media massa dapat dipercaya begitu saja? Bagaimana cara kita menanggapi berita dan opini yang beredar di media massa?

Berikut adalah beberapa cara menanggapi berita di media massa, yaitu:

1. Lakukan langkah preventif dengan waspada pada setiap berita yang beredar

Semua orang dapat mengedarkan opini dan beritanya secara bebas di media massa. Maka, konsumen perlu meningkatkan kewaspadaan pada setiap berita yang beredar.

2. Peka terhadap media massa yang mengedarkan berita

Pada perkembangan teknologi di masa sekarang memungkinkan orang-orang untuk membuat websitenya sendiri. Saat melihat berita di internet, pastikan Anda membaca atau menonton berita pada media berita yang memiliki akreditasi baik di masyarakat, seperti Kumparan, Kompas, Liputan 6, dan media terkenal lainnya.

3. Melakukan filtrasi pada berita yang didapat melalui media sosial

Media sosial menjadi salah satu tempat orang untuk berekspresi secara bebas. Tak sedikit oknum yang memanfaatkan hal ini untuk mengedarkan berita palsu atau hoax untuk menarik perhatian publik atau merugikan pihak tertentu. Oleh karena itu, berita yang didapat melalui media sosial perlu penyaringan lebih lanjut.

4. Lakukan pencarian berita yang sama di media lainnya

Berita yang menjadi topik hangat akan cenderung diberitakan oleh media massa lainnya. Pada kondisi ini, konsumen dapat memvalidasi berita yang diperoleh dengan melakukan pencocokan detail berita yang diedarkan pada setiap media yang mengedarkan berita. Hal ini juga bisa dilakukan dengan melakukan validasi informasi pada jurnal atau penelitian yang ada.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image