Etika Generasi Muda terhadap Lingkungan sosial

Image
Muhammad Hanif Ikhsan
Gaya Hidup | Wednesday, 19 Jan 2022, 15:32 WIB
Muhammad Hanif Ikhsan_mahasiswa kesejahteraan sosial UMJ


Oleh: Muhammad Hanif Ikhsan.
Mahasiswa Kesejahteraan Sosial, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Dalam perkembangan zaman banyak sekali generasi yang makin meningkat dalam segi berpotensi, terutama di lingkungan sosial, generasi muda selalu berperan aktif contohnya adanya perkumpulan pemuda yang bertujuan meningkatkan potensi lingkungannya.

Namun, ada generasi muda yang memiliki etika yang kurang baik atau tidak sopan baik beretika dengan keluarga maupun dengan orang-orang di lingkungan sosial. di sini saya akan menjelaskan apa itu etika, generasi muda, lingkungan sosial, dan contoh etika yang baik dan yang buruk.

Etika
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan buruk, mengenai hak dan kewajiban moral, kumpulan asas atau nilai yang berhubungan dengan akhlak, dan nilai benar atau salah yang dianut dalam masyarakat. Secara etimologi, etika berasal dari bahasa Yunani "Ethos" artinya karakter, watak, kesusilaan, dan adat kebiasaan.

Etika berkaitan dengan konsep yang dimiliki kelompok atau individu, meliputi tindakan yang dilakukan benar atau salah, baik atau buruk. Dan, menurut Prof. Dr. R. Soegarda Poerbakawatja, etika adalah suatu ilmu yang memberikan arahan, acuan, dan juga pijakan pada suatu perilaku atau perbuatan manusia.


Generasi Muda
Pemuda adalah individu yang berkembang secara fisik dan emosional. Mereka merupakan sumber daya manusia untuk pembangunan sekarang dan masa depan.

Sebagai calon generasi penerus yang akan menggantikan generasi sebelumnya, secara internasional WHO mengacu pada “anak muda” yang dibatasi usia 10-24 tahun. Sedangkan, yang berusia 10-19 tahun disebut sebagai “remaja” atau remaja.

International Year of Youth yang diadakan pada tahun 1985 mendefinisikan kelompok usia 15-24 tahun sebagai kelompok pemuda. Pemuda  juga bisa didefinisikan sebagai individu dengan kepribadian dinamis, bahkan bergolak dan optimis, tetapi tanpa kontrol emosi yang stabil.

Pemuda sedang menghadapi masa perubahan sosial dan budaya. Dalam kosa kata bahasa Indonesia, pemuda juga disebut sebagai generasi muda dan pemuda.

Istilah pemuda, generasi muda, atau kaum muda seringkali memiliki definisi yang berbeda. Definisi pemuda di atas lebih merupakan definisi teknis berdasarkan kategori usia, sementara yang lain lebih fleksibel. Pemuda/generasi muda/pemuda adalah mereka yang memiliki semangat pembaharu dan kemajuan.


Lingkungan Sosial
Lingkungan sosial adalah arena hubungan, yang menggambarkan suasana sosial serta suasana fisik di mana orang hidup dan berkembang, sehingga ruang lingkupnya dapat berupa bentuk budaya yang diajarkan kepada seorang individu, atau secara individu, pengalaman atau mungkin interaksi sosial yang ada.

Arti lingkungan sosial sosial menurut Purwanto (2009) yaitu adalah setiap orang atau individu lain yang saling memengaruhi dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam lingkungan sosial, manusia membentuk pengelompokan sosial di antara sesama dalam upayanya mempertahankan hidup dan mengembangkan kehidupan.

Dalam suatu kehidupan sosial manusia juga memerlukan organisasi yaitu sekolah, kelompok masyarakat dan lain-lain. Dari pengertian etika, generasi muda, dan lingkungan sosial dapat kita gabungkan bahwa generasi muda ini mempunyai sifat yang dinamis, bahkan bergolak dan optimis, tetapi tanpa kontrol emosi yang stabil. Hal itu membuat etika atau perilaku kepada generasi muda sering kali disebut tidak baik.

Hal-hal yang membuat perilaku seorang generasi muda sehingga tidak baik itu bisa disebabkan oleh lingkungan sosial yang kurang baik dan tidak bisa memilih atau membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Contoh dampak perubahan perilaku dari lingkungan sosial itu berteman dengan teman-teman yang suka melakukan hal-hal tidak baik bisa berupa berkata kasar, dan perilaku buruk lainnya.

Hal tersebut dapat mengubah perilaku generasi muda yang membuat orang-orang berpikiran negatif tentang generasi muda.

Contoh etika baik yang sering ada pada anak muda

1. Menggunakan ilmu dan keahlian yang dimiliki untuk hal bermanfaat bagi banyak orang.

2. Dapat melindungi orang yang sudah tua dari orang-orang yang ingin berbuat jahat.

3. Sopan santun kepada orang tua

4. Murah hati kepada siapa saja

5. Menghormati hak yang dimiliki orang lain.

 

Contoh etika tidak baik pada anak muda.

1. Berkata kasar kepada orang lain

2. Meniru gaya hidup kebarat-baratan

3. Kekerasan terhadap sesama pelajar atau mahasiswa

4. Pelecehan Seksual kepada perempuan

5. Pergaulan bebas


Kesimpulan
Harapan saya kepada generasi muda di lingkungan sosial yaitu para generasi muda ini tetap terus berperilaku baik, sopan, dan santun kepada semua masyarakat baik yang muda maupun yang sudah tua.

Generasi muda ini akan menjadi penerus generasi terdahulu. Oleh karenanya, jadilah generasi muda yang pintar intelektualnya, akhlak yang baik, dan dapat membuat suatu perubahan-perubahan positif pada masa datang.

Maka dapat disimpulkan bahwa generasi muda ini sangatlah berperan penting dalam meneruskan generasi yang terdahulu, tetapi para generasi muda ini harus memiliki sifat atau etika yang baik dalam lingkungan sosial. Mulai dari berbicara yang baik, menunjukkan perilaku yang baik kepada masyarakat, menghargai pendapat orang lain, dan lain sebagainya.

Generasi muda juga harus pintar dalam memilih mana yang baik dan mana yang buru. Generasi muda ini harus sering sekali dibimbing terus menerus agar terciptanya generasi muda berakhlak mulia serta berintelektual tinggi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswa Ilmu Politik FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta Kader 2020 IMM FISIP UMJ

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mewujudkan Pemuda Islam yang Kuat dan Tangguh

Image

Mahsa Amini, Perempuan dan Islam

Image

PK Bapas Purwokerto Tindaklanjuti Usulan Pembebasan Bersyarat

Image

Pastikan Kondisi Aman, Petugas Rutan Jepara Rutin Lakukan Trolling

Image

Pembayaran Pajak Sarang Burung Walet Menuai Pro dan Kontra

Image

Mengenal Apa Itu Delik Pers. Apakah Hanya Berkutat Pada Kesalahan Pers?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image