Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nazahra carlaliea

Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

Info Sehat | Wednesday, 05 Jun 2024, 21:08 WIB
credit: Kompas.com
credit: Kompas.com

Mandi air hangat adalah mandi yang sangat menggiurkan untuk banyak orang. Kenapa? Karena bagi sebagian orang, mandi air hangat itu lebih mengenakkan. Bagi sebagian orang, mandi air hangat memberikan sensai relax dan peregangan tubuh yang tidak didapatkan disaat kita mandi menggunakan air dingin. Ternyata mandi air hangat ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh dan manfaatnya cukup banyak! Berikut manfaat yang didapatkan kita mandi menggunakan air hangat.

1. Menghilangkan Ketegangan Otot dan Mengurangi Nyeri

Mandi air hangat bisa menjadi solusi terbaik ketika tubuh merasa tegang setelah seharian beraktivitas. Air hangat merilekskan otot yang tegang serta memfasilitasi aliran darah ke area yang kaku. Berendam atau mandi di bawah pancuran air hangat dapat meredakan rasa nyeri pada tubuh.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang baik adalah kunci bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mandi air hangat dapat melebarkan pembuluh darah serta meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Setiap organ vital mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup sehingga tubuh menjadi lebih bertenaga.

3. Meredakan Gejala Gangguan Pernapasan

Gejala gangguan pernapasan seperti hidung tersumbat, pilek, atau sinusitis bisa diredakan dengan mandi air hangat. Uap dari air hangat membersihkan dan melembapkan saluran pernapasan sehingga bisa memberikan kelegaan.

4. Membantu Membersihkan Kulit dari Kotoran dan Minyak Berlebih

Tak hanya bermanfaat untuk tubuh, mandi air hangat juga bermanfaat untuk kulit. Air hangat membuka pori-pori dan membersihkan kotoran serta minyak berlebih yang terjebak di kulit hingga emunculan jerawat pada tubuh bisa dicegah.

5. Meredakan Nyeri Sendi dan Otot pada Kondisi seperti Artritis

Mandi air hangat bisa meredakan gejala artritis seperti nyeri sendi atau otot. Air hangat dapat meredakan peradangan dan nyeri pada sendi dan otot, sehingga tubuh lebih nyaman dan bergerak lebih mudah.

6. Meningkatkan Suhu Tubuh dan Kontraktilitas Jantung

Dari artikel pada Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, disebutkan bahwa dengan adanya paparan dari air panas, suhu pusat tubuh dapat meningkat dan juga adanya peningkatan kontraktilitas jantung dan denyut nadi.

Itulah 6 manfaat yang didapat dari mandi air hangat. Jadi, kata siapa mandi air hangat itu kalah bermanfaat dengan mandi air dingin? Tidak juga! Justru mandi air hangat sangatlah bermanfaat untuk tubuh sebagaimana mandi air dingin seperti yang saya sebutkan diatas, jadi tidak hanya sensasinya saja yang luar biasa tapi manfaatnya juga luar biasa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image