Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aswantri Bekti

Matangkan Kesiapan PTM Penuh, MTsN 3 Bantul Selenggarakan Rapat Koordinasi

Eduaksi | Tuesday, 18 Jan 2022, 19:27 WIB

Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara penuh, rencananya akan mulai dilaksanakan pada hari Selasa (18/01/2022). Mengingat urgensi dan juga untuk mematangkan hal tersebut, rapat koordinasi digelar pada hari Senin (17/01/2022) bertempat di Aula MTsN 3 Bantul. Rapat diikuti oleh seluruh guru dan tenaga kepandidikan di madrasah.

Sugeng Muhari, S.Pd, Si selaku kepala MTsN 3 Bantul memaparkan pokok-pokok kebijakan madrasah pada acara rapat koordinasi Senin (17/01/2022)

Mengawali acara, kepala MTsN 3 Bantul, Sugeng Muhari, S.Pd, Si memaparkan pokok-pokok kebijakan madrasah. Ada 8 hal penting yang disampaikan oleh kepala madrasah, yaitu : (1) sistem kerja GTK ; (2) presensi menggunakan ropeg dan fingerprint ; (3) GTK yang piket masuk pukul 06.30 WIB; (4) guru yang mengajar jam pertama masuk kelas pukul 06.50 WIB; (5) pintu gerbang sisi selatan ditutup pada pukul 07.00 WIB; (6) setiap GTK wajib ukur suhu dan menggunakan handsanitizer di ruang piket; (7) setiap GTK wajib memakai masker, ID card dan name tag; dan (8) setiap guru wajib mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh MGMP.

Pada sesi berikutnya, Puji Lestari, S.Pd selaku Waka Kurikulum MTsN 3 Bantul mensosialisasikan Pelaksanaan PTM 100 Persen. Ada empat poin penting yang disampaikan untuk kemudian dibahas, yaitu : (1) kebijakan madrasah terkait PTM; (2) pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM); (3) jadwal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM); dan (4) tambahan pembelajaran (les) khusus kelas IX.

Sebagaimana sudah diprogamkan, terhitung mulai Selasa (18/01/2022), madrasah menetapkan kebijakan bahwa untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) setiap kelas akan kembali diisi sesuai dengan kapasitas semula, artinya seluruh siswa akan masuk kelas secara penuh. Sebelumnya, selama PTM terbatas, setiap kelas diisi separuh jumlah siswa.

Jam ke nol akan dimanfaatkan untuk pembiasaan dan pembentukan karakter siswa dengan ujud kegiatan berupa pembacaan Asmaul Husna dan tadarus. Kegiatan rutin penting lainnya adalah setiap hari Senin dilaksanakan upacara bendera, sedangkan tiap Jumat ada tiga opsi kegiatan yaitu literasi, kerja bakti, dan senam yang dilaksanakan secara bergantian.

Selaku Waka Urusan Kurikukulum, Puji Lestari, S.Pd. telah berusaha seoptimal dan semaksimal mungkin menyusun jadwal PTM seratus persen. Jadwal disusun dengan mempertimbangkan berbagai hal sehingga diharapkan jadwal yang telah disusun merupakan hasil jadwal yang terbaik. Meski demikian, Puji juga meminta maaf jika hasil akhir jadwal yang disusun belum bisa sesuai harapan.

Waka urusan Kurikulum, Puji Lestari, S.Pd menyampaikan empat hal penting terkait dengan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) penuh.

Sedangkan untuk mempersiapkan siswa sedini mungkin dalam menghadapi Asesmen Daerah (AD) tahun 2022, telah disusun pula jadwal les bagi kelas IX oleh Siti Rokhayah, S.Pd.,M.Sc. yang menjabat sebagai salah satu staf kurikulum sekaligus guru matematika di MTsN 3 Bantul. Les ini juga sekaligus berfungsi sebagai penguatan bagi siswa. “Kami mohon dengan hormat kepada setiap wali kelas agar segera menginformasikan jadwal pelajaran ini sesuai dengan kelas yang diampunya”, kata Puji, mengakhiri uraiannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image