Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image yasika widiyastuti

Manfaat Data Science dalam Industri Hiburan

Teknologi | Thursday, 23 May 2024, 16:07 WIB


Data telah menjadi bagian penting dan mendominasi di era digital saat ini. Data menjadi aset berharga bagi perusahaan dalam berbagai industri, termasuk juga industri hiburan(entertainment). Data science memiliki peran krusial dalam membentuk konten hiburan yang menarik, kreatif, dan memikat bagi penonton.

Manfaat data science di industri hiburan sangatlah banyak, salah satunya yaitu data science mempengaruhi industri hiburan melalui analisis perilaku pengguna dan preferensi. Platform streaming seperti Netflix menggunakan algoritma canggih untuk menganalisis data pengguna. Sebagai contoh yaitu Netflix yang menggunakan data sebagai panduan dalam berbagai keputusan dengan menganalisisnya terlebih dahulu. Netflix melihat data secara menyeluruh dan menganalisa bagaimana para subscribers menggunakan aplikasi. Dari analisisnya Netflix memiliki engine recommendation yang menjamin bahwa tayangan sesuai dengan pengguna. Hasilnya, mereka dapat memberikan rekomendasi konten yang menyesuaikan secara personal kepada setiap pengguna. Dengan memahami minat dan kebiasaan penonton, perusahaan dapat meningkatkan ketertarikan pelanggan dan menciptakan konten yang sesuai dengan minat dari pelanggan. Jadi, data science membantu perusahaan untuk menemukan dan memahami tren yang sedang populer. Data science juga membantu menemukan jenis konten yang menarik pelanggan, serta memahami reaksi pelanggan.
Manfaat selanjutnya dari data science dalam industri hiburan yaitu membantu mengembangkan konten. Data science membantu perusahaan dalam memahami tren dan konten yang populer sehingga memudahkan untuk membuat konten selanjutnya. Misalnya untuk membuat film, tim bisa mempertimbangakan jenis film, tren, aktor, produser yang populer. Sehingga bisa untuk menentukan segala keperluan film agar lebih menarik dan memikat.
Selanjutnya, data science bermanfaat dalam memprediksi tren dalam industri hiburan. Analisis data yang tepat dengan model yang tepat mungkin untuk memprediksi tren dalam dunia hiburan yang akan terjadi. Menggunakan data berbasis waktu (time series data) untuk melakukan analisis data saat ini dan menghasilkan prediksi masa depan. Sehingga hasilnya bisa mengetahui tren yang terjadi saat ini serta prediksi tren yang akan terjadi.
Dari penjelasan-penjelasan tersebut, kesimpulannya bahwa manfaat data science dalam industri hiburan sangat banyak dan tidak bisa meremehkannya. Dari mulai pemahaman yang lebih dalam tentang preferensi pengguna hingga memprediksi tren masa depan yang telah membuka peluang baru. Data science juga meningkatkan kualitas konten dalam industri hiburan sehingga semakin menarik.
Daftar pustaka :IYKRA. (2018, 16 07). Industri Hiburan Bertemu Teknologi Data. Medium.com. Retrieved Mei, 02, 2024, form https://medium.com/iykra/industri-hiburan-bertemu-teknologi-data-e5170e113385
Yasika Widiyastuti Teknologi Sains Data Angkatan 2023


(Ilustrasi foto:Shutterstock)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image