Tempat Offroad di Bandung Paling Seru dan Menantang

Image
Aan Sophan
Wisata | Monday, 17 Jan 2022, 10:17 WIB

Sekarang ini banyak wisatawan yang mencari hal berbeda dalam kegiatan wisata mereka. Salah satu jenis wisata di Bandung yang sedang banyak dicari adalah yang berkarakter alam, menegangkan, menantang, dan ekstrem.

Salah satu wisata ekstrem yang populer dari dulu sampai sekarang di Bandung adalah offroad. Offroad sendiri adalah kegiatan mengendarai kendaraan di luar jalan raya yaitu di alam terbuka baik itu jalan tanah, lumpur, pasir, sungai, atau bebatuan yang masih dalam kondisi apa adanya.

Lokasi yang dipilih sebagai track offroad biasanya adalah hutan, kebun yang luas, dan semacamnya. Dengan kata lain, offroad adalah kegiatan otomotif yang menggunakan mobil penggerak 4 roda. Jenis-jenis mobil yang digunakan adalah mobil-mobil jeep atau jenis SUV (Sport Utility Vehicles).

Mobil-mobil jeep itulah yang biasa digunakan untuk wisata naik jeep di Bandung dan juga daerah-daerah lain.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan beberapa tempat atau jalur di kawasan Bandung yang biasa dipakai melakukan kegiatan offroad Bandung. Simak baik-baik ya.

Pertama adalah Puncak Bukit Upas yang memiliki ketinggian 1956 mdpl, dan berlokasi di kawasan Tangkuban Perahu, Bandung. Sensasi menelusuri jalanan di sini menjadi favorit wisatawan. Track ini sangat cocok digunakan untuk digunakan saat subuh hari. Di puncak Anda bisa menyaksikan matahari terbit atau sunrise.

Untuk mencapai tempat ini tidaklah mudah, selain perjalanan yang cukup jauh, juga medan jalan pun terbilang menantang adrenaline karena berlumpur dan berbatu. Karena jalanan untuk mencapai lokasi ini berlumpur dan berbatu, maka banyak komunitas mobil Land Rover yang sering berkunjung ke tempat ini.

Selain mobil offroad, motor trail pun cocok untuk digunakan guna mengunjungi tempat ini. Rata-rata dari mereka berangkat dari tengah malam dan tiba di Upas Hill Tangkuban Perahu ini saat sunrise atau terbitnya matahari.

Kedua ialah Hutan Rahong. Letaknya ada di Pangalengan Kabupaten Bandung atau di Bandung selatan karena sebelumnya berada di Bandung utara. Lokasi offroad di Bandung berikutnya adalah Pangalengan.

Menariknya tempat ini ialah adanya pemandangan yang berbeda dengan daerah lain menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alami ketika mulai masuk track awal memasuki Hutan Rahong, yang dikelilingi pohon pinus yang biasa dipakai permainan paintball.

Ketiga yaitu jalur offroad di Bandung yang berlokasi di Desa Sukawana Cikole Lembang tepatnya di Leuweung Kunthi serta melalui perkebunan teh dan menembus hutan pinus memberikan kesan tersendiri bagi para pecinta offroad dengan landy atau land rover.

Awalnya jalur ini jalan setapak kemudian dibuka oleh komunitas Land Rover Club Bandung (LRCB). Hingga kemudian kegiatan outbound dan offroad disini pun menjadi pilihan favorit dalam acara family gathering, dengan melalui trek sepanjang 20 KM, medan offroad Sukawana-Cikole terbilang berat.

Jalur yang membelah Hutan Jatiwangi ini memiliki tiga cekungan dalam berlumpur, terjal, curam dan sempit. Track yang panjang akan mengelilingi Gunung Burangrang dan Tangkuban Perahu.

Keempat adalah Ciwidey yang berlokasi di Bandung Selatan. Di Ciwidey terdapat perkebunan teh yang sejuk serta pemandangan alam yang menakjubkan. Track offroad di Ciwidey yaitu melawati jalan berlumpur dan berbatu di kawasan Situ Patenggang Ciwidey, yang tentunya tak kalah seru dengan tempat offroad di Bandung lain.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

hidup untuk menulis

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Program Studi Ekonomi Syariah FAI Unpam adakan penggalangan dana gempa bumi

Image

Mahasiswa Mahad Al Imam Malik UMP Raih Juara Bahasa Arab Nasional

Image

Ekosistem Pesantren dalam Mewujudkan Manajemen Halal Supply Chain Menuju Madani Society 5.0

Image

Pentingnya Agama dan Pendidikan Sejak Dini

Image

Mata Kuliah Kehumasan

Image

Tips dan Cara Nyaman Untuk Hilangkan Bau Ketiak dan Warna Kulit Ketiak Yang Gelap

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image