Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Konflik Iran-Israel Dapat Mendorong Perang Proxy

Info Terkini | Saturday, 20 Apr 2024, 11:54 WIB
Salah satu momen saat Iran meluncurkan drone ke wilayah Israel, Sabtu (13/4/2024) malam. Foto: Press TV.

KONFLIK terbuka antara Iran dan Israel membuat kawasan Timur Tengah kian membara. Dan ini sangat mengkhawatirkan. Konflik keduanya bakal mendorong pihak-pihak lain terlibat dengan dampak ikutan sampai ke luar kawasan.

Sejauh mana keterlibatan pihak lain dalam konflik Iran-Israel tentu saja akan bergantung pada skala dan sifat konflik, aliansi yang ada, dan kepentingan geopolitik.

Secara historis, Amerika Serikat (AS) memiliki hubungan dekat dengan Israel dan telah dengan terbuka mengecam tindakan Iran di wilayah tersebut. Seperti kita ketahui, AS adalah sekutu abadi Israel dan setia memberikan dukungan diplomatik, bantuan militer, atau bahkan intervensi militer langsung demi Israel. AS dipastikan bakal ada di garis depan jika eskalasi konflik Iran-Israel membesar.

Di sisi lain, Arab Saudi dan negara-negara Teluk lainnya yang didominasi kelompok Sunni, yang memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan Iran, boleh jadi bakal pula mendukung Israel, baik secara diplomatik maupun finansial. Mereka juga bisa menggunakan kesempatan ini untuk mengejar kepentingan regional mereka sendiri.

Adapun Rusia, seperti kita ketahui, telah menjadi sekutu Iran tetapi juga mempertahankan hubungan diplomatik dengan Israel. Keterlibatan Rusia dalam hal ini kemungkinan akan bergantung pada kepentingan strategis Negara Beruang Merah itu di kawasan dan keinginannya untuk mempertahankan pengaruh di sana.

Begitu juga dengan Turki. Turki memiliki hubungan yang kompleks, baik dengan Iran maupun Israel. Keterlibatannya dalam konflik Iran-Israel bisa bergantung pada berbagai faktor, termasuk ambisi regionalnya sendiri dan aliansi.

Sementara itu, Suriah dan Lebanon, yang memiliki hubungan erat dengan Iran melalui Hezbollah, bisa saja terseret lebih jauh dalam konflik, baik secara langsung maupun melalui tindakan proxy.

Dampak signifikan konflik Iran-Israel

Jika sampai terjadi konflik Iran-Israel kian membesar, dan bahkan kemudian berkepanjangan, konsekwensi regionalnya tentu cukup signifikan dengan potensi global yang membuntutinya.

Timur Tengah sudah merupakan wilayah yang panas sejak dulu, dan konflik antara Iran dan Israel akan makin membuat kawasan itu kian mendidih.

Di mana pun, perang seringkali mengakibatkan pengungsian warga sipil, kerusakan infrastruktur, dan hilangnya nyawa. Konflik antara Iran dan Israel bisa menyebabkan krisis kemanusiaan parah yang mempengaruhi jutaan orang.

Dari kacamata ekonomi, konflik Iran-Israel bakal mendisrupsi rantai pasokan minyak dari wilayah tersebut dan ini bisa memiliki dampak signifikan pada harga minyak global dan ekonomi dunia.

Konflik kedua negara ini bisa pula menyulut perang proxy. Iran dan Israel memiliki sekutu dan proxy di kawasan, dan perang antara keduanya bisa menyebabkan perang proxy di negara lain, yang lebih lanjut bisa menyebarkan kekerasan dan ketidakstabilan.

Baik Iran maupun Israel memiliki kemampuan militer canggih, termasuk potensi senjata nuklir. Perang antara Iran dan Israel menimbulkan kekhawatiran tentang penggunaan atau penyebaran senjata nuklir, yang bisa memiliki konsekuensi yang sangat buruk.

Apa pun alasannya, perang bukan solusi dan perlu dihindari. Perang antara Iran dan Israel sangat tidak diharapkan. Ikhtiar harus dilakukan untuk mencegah skenario terburuk. Diplomasi dan dialog harus menjadi pilihan.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image