Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rahmatul Syati

Pengaruh Banyaknya Jumlah Uang yang Beredar terhadap Suku Bunga

Bisnis | Friday, 19 Apr 2024, 12:16 WIB

1. PENAWARAN UANG DAN DAMPAK SUKU BUNGA

Penawaran uang merujuk pada jumlah uang yang tersedia dalam perekonomian dalam suatu waktu tertentu.Penawaran uang dipengaruhi oleh kebijakan moneter yang diterapkan oleh bank sentral,seperti pembelian atau penjualan obligasi pemerintah,serta faktor-faktor lain seperti jumlah uang yang dikeluarkan oleh pemerintah dan tingkat cadangan yang diwajibkan oleh bank.

Dampak pada suku bunga

Ketika jumlah uang yang beredar meningkat sementara permintaan uang relatif stabil,hal ini cenderung mendorong penurunan suku bunga.Bank-bank memiliki lebih banyak dana yang tersedia untuk dipinjamkan kepada individu dan perusahaan,sehingga bersaing untuk menawarkan suku bunga yang lebih rendah agar dapat menarik lebih banyak peminjam.

2.PERMINTAAN UANG DAN PENGARUHNYA PADA SUKU BUNGA

Permintaan uang

Permintaan uang adalah jumlah uang yang diminta oleh individu,bisnis,dan pemerintah untuk melakukan transaksi atau menyimpan sebagai cadangan.Permintaan uang dipengaruhi oleh tingakat pendapatan,tingkat suku bunga,tingkat harga,dan preferensi resiko.

Dampak pada suku bunga

Jika jumalah uang beredar menurun atau permintaan uang meningkat secara signifikan,bank-bank akan menghadapi tekanan untuk menaikkan suku bunga agar dapat menarik dana dari nasbah atau investor.Hal ini disebabkan oleh ketersediaan dana yang lebih terbatas dan meningkatnya permintaan pinjaman.

3.HUBUNGAN SUKU BUNGA DENGAN AKTIVITAS EKONOMI

Suku bunga yang lebih rendah cenderung merangsang aktivitas ekonomi,karena mendodorng investasi dan pengeluaran konsumen.Hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.

Sebaliknya suku bunga yang lebih tinggi dapat mengahambat aktivitas ekonomi karena mengurangi minat untuk meminjam dan berinvestasi,yang dapat melambat pertumbuhan ekonomi.

4.PERANAN BANK SENTRAL DALAM MENGATUR SUKU BUNGA

Pembelian obligasi

Bank sentral dapat membeli obligasi pemerintah dipasar sekunder untuk meningkatkan jumlah uang yang beredar dan menurunkan suku bunga

Penetapan suku bunga acuan

Bank sentral menetapkan suku bung acuan yang menjadi pedoman bagi pergerakan suku bunga dipasar keuangan.

Perubahan tingkat cadangan wajib

Dengan menaikkan atau menurunkan tingkat cadanag wajib,bank sentral dapat mempengaruhi kemampuan bank bank komersial dalam menciptakan uang,yang selanjutnya mempengaruhi suku bunga.

5.KEBIJAKAN MONETER DAN STABILITAS EKONOMI

Kebijakn moneter

Bang sentral menggunakan bebagai instrumen kebijakan moneter,termasuk mengatur suku bunga,untuk mempengaruhi jumlah uang yang beredar dan aktivitas ekonomi

Stabilitas ekonomi

Kebijakan moneter yang efektif dapat membatu menjaga stabilitas harga,pertumbuhan ekonomi yang stabil,dan rendahnya tingkat pengangguran,sehingga menciptakan lingkungan ekonomi yang kondusif

Kesejahteraan masyarakat

Stabilitas ekonomi yang terjaga akan berdampak positif pada tingkat kesejahteraan masyarakat ,seperti tersediannya lapanganj kerja,daya beli meningkat,dan peningkatan standar hidup.

6.PERUBAHAN SUKU BUNGA DAN IMPLIKASINYA

Kenaikan suku bunga

Mengurangi investasi dan pengengeluaran konsumen melambat pertumbuhan ekonomi meningkatkan biaya pinjaman bagi konsumen dan perusahaan

Penurunan suku bunga

Mendorong investasi dan pengeluaran konsumen meningkatakn pertumbuhan ekonomi menurunkan biaya pinjaman bagi konsumen dan perusahaan.

SUKU BUNGA DAN KEBIJAKAN MONETER OPTIMAL

1. Infalasi

Suku bunga yang rendah dapat meningkatkan laju inflasi,sehingga bank sentral perlu menjaga keseimbangan yang tepat.

2. Pertumbuhan ekonomi

Suku bunga yang terlalu tinggi dapat menghambat investasi dan konsumsi,sehingga bank sentral harus mempertimbangakan dampaknya tehadapat pertumbuhan ekonomi

3. Keternagakerjaan

Kebijakan suku bunga yang tepat dpata menciptakan lapangan kerja dan menurunkan tingkat pangganguran.

4. Stabilitas ekonomi

Kebijakan suku bunga yang efektif dapat msmbsntu ekonomi jangka panjang,yang menjadi tujuan utama bank sentral.






















































Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image