Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M. Arifudin

Mengenal Deposito

Eduaksi | Friday, 19 Apr 2024, 10:03 WIB

Deposito yang dimaksud ini bukan deposit yang sering di bicarakan anak muda jaman sekarang yah!, Yang deposit untuk main judi online atau slot. Deposito ini merupakan salah satu produk investasi di mana uang dari nasabah akan disimpan dan baru bisa dicairkan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan yang telah disepakati oleh pihak bank dan nasabah. Bunga yang disediakan oleh bank pun pada umumnya berkisar 3-6% sesuai tenor dan nilai deposito yang kamu tanam.

Kalian tertarik memulai deposito namun masih belum paham apa sih kelebihan dan kekurangan dari deposito dibanding investasi dan tabungan?

Mari kita bahas lebih lanjut apa saja kelebihan dan kekurangan deposito, di bawah ini!

Kita bahas kelebihannya dulu yah!

Kalian tertarik memulai deposito namun masih belum paham apa sih kelebihan dan kekurangan dari deposito dibanding investasi dan tabungan?

Mari kita bahas lebih lanjut apa saja kelebihan dan kekurangan deposito, di bawah ini!

Kita bahas kelebihannya dulu yah!

Yang pertama adalah, Deposit memberikan keuntungan bagi kita yang ingin menabung dengan cepat.Berbeda dengan tabungan di mana kamu bisa mengambil uangmu kapan pun, Deposito kamu baru bisa mengambil uangmu dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Dengan begitu kamu bisa menabung dengan cepat tanpa tergoda untuk mengambil uangmu setiap saat.

Yang kedua adalah,Deposito memiliki risiko yang lebih rendah karena uang yang kamu simpan di bank terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan dengan jaminan hingga 2 miliar. Nilai yang kamu depositokan juga tidak akan terpengaruh oleh pergerakan pasar. Hal ini tentu akan memperkecil risiko namun juga memperkecil potensi keuntungan yang kamu dapatkan. Dan Deposito juga memiliki bunga yang lebih besar dari tabungan biasa. Pihak bank akan menentukan bunga deposito dari uang yang kamu simpan dalam jangka waktu triwulan atau per tahun. Besaran bunga juga sudah ditentukan dari awal sehingga kamu tidak perlu khawatir nilai bunga depositomu akan minus. Kurang afdol rasanya jika kita hanya menilai deposito dari kelebihannya saja. kita akan memberikan gambaran kekurangan dari deposit juga untuk mengetahui apakah deposito merupakan investasi yang tepat untuk kita atau tidak. Kekurangan deposito yang pertama adalah,Di samping manfaat deposito yang dapat membantu kamu menabung dengan cepat, namun jika kamu butuh menyimpan uang di mana kamu bisa mengambil uangmu kapan pun maka deposito bisa menjadi kekurangan bila kamu perlu mengambil uang tersebut dalam situasi darurat. Kekurangan dari deposit selanjutnya kamu tentu perah mendengar istilah ‘high risk, high return’ bukan? Jika risikonya tinggi maka potensi keuntungannya pun tinggi. Sementara risiko yang rendah maka potensi keuntungannya juga pasti rendah.Suku bunga deposito yang bersifat tetap di sisi lain juga menjadi kelemahan karena tidak mendapat keuntungan ketika bunga bank tinggi karena bunga deposito bersifat tetap.
Dan kekurangan dari deposit yang terakhir adalah Deposito ikut terkena inflasi. Sehingga jika setiap tahun terjadi inflasi maka nilai uang yang kamu depositokan juga akan terkena dampaknya.Tidak hanya itu deposito juga masuk ke dalam Pajak Penghasilan, sehingga kamu akan diwajibkan untuk membayar pajak setiap tahunnya. Pajak ditetapkan untuk produk deposito sendiri sebesar 20% dari bunga. Pajak ini dapat dikatakan cukup tinggi jika dibandingkan dengan keuntungan saham maupun reksadana yang tidak terkena pajak

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image