Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Menavigasi Kekacauan Karir: 5 Langkah untuk Menemukan Kejelasan Sekarang

Eduaksi | Thursday, 11 Apr 2024, 19:13 WIB
Sumber gambar: Atlassian

Dapatkan kejelasan dengan meluangkan waktu, mencari dukungan, dan merencanakan secara strategis.

Poin-Poin Penting

· Kesabaran adalah kunci kejelasan, jadi pastikan untuk mengalokasikan waktu untuk bertukar pikiran.

· Sangat membantu untuk berbicara dengan orang lain. Carilah bimbingan dari rekan-rekan tepercaya untuk menormalkan ketidakpastian.

· Otak manusia melakukan banyak pekerjaan di belakang layar. Berikan istirahat mental agar masalah bawah sadar terpecahkan.

· Menjadi jelas berarti menjadi terorganisir. Luangkan waktu untuk mengatur tujuan dengan cermat menggunakan alat seperti spreadsheet.

Dalam dunia karier saat ini, di mana berbagai kemungkinan dan pilihan berlipat ganda, Anda akan mudah tersesat dan tercerai-berai. Ambisi dan aspirasi Anda dapat membuat Anda merasa terdorong dan kewalahan dalam kondisi terburuk. Anda tahu bahwa Anda siap melakukan hal-hal besar dalam hidup, tetapi Anda bingung memikirkan hal besar mana yang harus Anda fokuskan.

Bertemu “Sarah,” seorang profesional berbakat dan termotivasi yang pikirannya penuh dengan ide, namun dia merasa kehilangan peluang. Dia mendapati dirinya membeku dan tidak yakin dengan langkah selanjutnya, yang mengakibatkan frustrasi atas kurangnya kemajuan dan kejelasan. Dia tahu dirinya cerdas dan cakap, yang membuatnya semakin kesal saat dia bertanya pada dirinya sendiri, “Mengapa aku tidak bisa memikirkan hal ini sendiri? Apa salahku di sini?”

Saya sering melihat skenario ini pada klien-klien dewasa yang bekerja dengan saya—orang-orang yang ambisius dan penuh semangat yang menjadi terganggu dan tidak yakin. Mereka dapat membayangkan semua pilihan yang ada di depan mereka tetapi tidak dapat berkomitmen cukup lama pada satu pilihan untuk menyelesaikannya sampai akhir.

Jalan Menuju Kejelasan

Dalam pekerjaan saya dengan Sarah, kami dapat menemukan kejelasan yang dia cari, yang memberikan fokus dan arah. Izinkan saya menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang diambilnya sehingga Anda juga dapat memperoleh kejelasan dan arahan.

1. Beri diri Anda waktu dan ruang. Kami memulai dengan memberinya waktu dan ruang untuk melamun tentang berbagai kemungkinan. Hal ini sulit dilakukannya karena dia menginginkan hasil yang instan, jadi kami juga perlu melatih sedikit kesabaran dan rasa sayang pada diri sendiri selama prosesnya. Namun melamun kali ini sangatlah penting—hal ini memungkinkan otaknya bermain-main dengan berbagai kemungkinan tanpa tersesat dalam logistik atau mengapa segala sesuatunya tidak berjalan baik. Dia juga perlu sering diingatkan bahwa ketidakpastian yang dia rasakan tidak akan bertahan selamanya dan akhirnya dia menuliskan pengingat itu pada catatan tempel di cerminnya.

2. Jangan melakukannya sendiri. Saya memintanya untuk berbicara dengan teman dan kolega tepercaya tentang pemikiran dan visinya. Hal ini memberinya kesempatan untuk menormalkan ketidakpastiannya dan belajar darinya. Banyak rekan-rekannya yang telah melalui apa yang dia alami dan memberinya wawasan serta perspektif penting yang sangat berharga.

3. Luangkan waktu untuk berpikir. Dia juga perlu waktu untuk memikirkan pilihannya. Saat kita mengambil jarak dari masalah kita, otak kita terus mengerjakannya secara tidak sadar. Otak kita adalah pemecah masalah yang luar biasa, namun sebagian besar pekerjaannya terjadi pada saat istirahat atau pemulihan. Dia perlu menambahkan waktu lari ekstra dan waktu untuk berkreasi ke dalam jadwalnya agar otaknya dapat melakukan tugasnya.

4. Dapatkan detail dalam mode spreadsheet. Saat dia mulai mendapatkan kejelasan, saya menyuruhnya memainkannya satu per satu. Kami membuat spreadsheet dengan “pandangan elang” untuk menguraikan keseluruhan visinya dan kemudian membaginya menjadi sasaran tahunan, triwulanan, bulanan, dan mingguan. Dan kami melakukan proses yang sama dengan setiap ide yang masih dia pertimbangkan.

Ini adalah proses yang memakan waktu, namun hal ini memungkinkan dia untuk memahami apa yang diperlukan dalam setiap ide dan bagaimana perasaannya tentang langkah-langkah tindakan yang lebih kecil. Jika dia tidak bisa mewujudkan tujuan mingguannya, bagaimana dia bisa mewujudkan idenya?

5. Bersihkan semuanya. Kami akhirnya menemukan kejelasan yang sangat dia inginkan. Dia mengasah satu hal dan bersemangat untuk memulai. Kami membersihkan spreadsheetnya dan memulai kembali dengan pandangan elang barunya dan mengelompokkannya dari sasaran tahunan menjadi sasaran mingguan. Kami rajin dan detail serta tidak mengambil jalan pintas. Butuh beberapa jam selama beberapa hari untuk benar-benar menguraikannya, tapi sekarang dia tahu persis apa yang sedang dia upayakan dan seperti apa kemajuannya.

Tetap di Jalur

Dia lega bisa melewatinya (dan saya juga! Saya telah melihat banyak klien melalui proses ini, namun selalu sulit ketika klien merasa mandek dan frustrasi). Dia sekarang sangat jelas dalam perjalanannya ke depan sehingga hampir menggelikan. Kami bercanda tentang bagaimana yang harus dia lakukan hanyalah bangun di pagi hari dan mengikuti langkah-langkah yang telah dia rencanakan. Tidak perlu berpikir!

Untuk membantunya tetap pada jalurnya, dia melakukan peninjauan mingguan terhadap spreadsheet tujuannya, tempat dia memperbarui, melacak kemajuan, dan menambahkan item ke kalender mingguannya. Dia juga menyelesaikan tinjauan akhir hari di mana dia memeriksa item dari daftar tugasnya dan memastikan hari berikutnya telah diatur dengan benar. Ini membantu mengingatkannya akan tujuannya dan membuatnya tetap fokus. Dia tidak lagi terganggu oleh hal-hal lain yang bisa dia fokuskan karena dia tahu apa yang dia inginkan dan bagaimana dia akan mencapainya. Dibutuhkan sedikit usaha di awal untuk menyiapkan sistem dan proses Anda, namun hal ini membuat segalanya jauh lebih mudah dalam jangka panjang.

Hanya untuk Anda

Beri diri Anda waktu dan ruang untuk memperjelas visi Anda dan membiarkan diri Anda melamun, serta waktu untuk tidak memikirkan rencana Anda. Bermain-main dengan peta jalan yang berbeda untuk melihat mana yang paling sesuai dengan keinginan Anda hidup sehari-hari. Setelah Anda mendapatkan kejelasan, dapatkan detailnya dan mulai bekerja.

Namun ingatlah bahwa garis waktu setiap orang akan berbeda pada setiap langkahnya, jadi praktikkan rasa kasihan pada diri sendiri dan cobalah untuk tidak membandingkan posisi Anda saat ini dengan posisi orang lain. Selama Anda terus mengerjakannya, segala sesuatunya akan berjalan lancar. Anda akan melihat.

***

Solo, Kamis, 11 April 2024. 7:02 pm

Suko Waspodo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image