Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Feri Wahyudi

Tantangan Ganda: Inflasi dan Kelangkaan Barang yang Membuat Resah Masyarakat

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 06 Apr 2024, 17:28 WIB
Sumber: Biro Analisa Anggaran dan Pelaksanaan APBN, 2014

Dalam dinamika ekonomi sebuah negara, inflasi dan kelangkaan barang merupakan masalah serius yang sering terjadi dan membuat resah masyarakat. Inflasi yang sangat tinggi adalah fenomena ekonomi yang memiliki dampak yang luas, dan sangat mempengaruhi perekonomian suatu negara. Salah satu dampak yang paling nyata dan meresahkan dari inflasi yang tinggi adalah kelangkaan barang.

Kelangkaan barang terjadi ketika pasokan barang tidak mencukupi untuk memenuhi permintaan yang tinggi. Hal ini sering terjadi dalam konteks inflasi yang tinggi, Dimana harga-harga naik dengan cepat dan permintaan tetap tinggi. Dalam kondisi ini sering kali di manfaatkan oleh para pedagang dan investor untuk menimbun barang-barang, agar bisa dijual kembali deengan harga yang lebih tinggi di masa depan, menyebabkan kelangkaan di pasar.

Ketika barang yang di butuhkan sulit untuk ditemukan atau harganya melambung tinggi akibat inflasi dan kelangkaan, hal ini dapat menyebabkan ketidak puasan dan frustrasi bagi konsumen. Kelangkaan barang seperti bahan makanan, obat-obatan, atau bahan bakar dapat menyebabkan penurunan standar hidup, karena masyarakat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka seperti makanan, sandang dan papan, terutama bagi mereka yang ekonominya rentan.

Inflasi sering kali mengakibatkan pemindahan pendapatan dari golongan masyarakat yang kurang mampu kepada yang lebih mampu. Orang-orang dengn aset finansial atau proprti seerring diuntungkan, sementara mereka yang bergantung pada pendapatan tetap akan merasa terbebani. Inflasi juga dapat meningkatkan ketidak setaraan sosial, karena mereka yang memiliki akses lebih besar terhadap sumber daya dan asset dapat memperoleh keuntungan lebih besar dari inflasi, seementara yang lain terpinggirkan.

Upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi inflasi dan kelangkaan, pemerintah dapat mengadopsi kebijakan moneter yang ketat untuk menekan inflasi, seperti menaikan suku bunga atau mengurangi jumlah uang beredar. Dan mendorong peningkatan produksi dan distribusi barang yang mengalami kelangkaan, serta menerapkan regulasi yang efektif terhadap praktik spekulasi dan penimbunan barang untuk menjaga kestabilan pasar.

Inflasi dan kelangkaan barang adalah dua masalah serius yang seringkali membuat resah masyarakat. Untuk mengatasi ketegangan ekonomi yang dihasilkan, diperlukan tindakan yang cepat dan efektif dari pemerintah, otoritas ekonomi, dan masyarakat secara keseluruhan. Dengan demikian , dapat diciptakan kondisi yang lebih stabil dan Sejahtera bagi masyarakat

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image