Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Feri Wahyudi

Tantangan Sosial dan Ekonomi: Menggali Akar Masalah Orang yang Enggan Membayar Pajak

Pendidikan dan Literasi | Friday, 05 Apr 2024, 06:40 WIB
Sumber: (Siti, 2014)

Pajak dianggap sebagai pondasi pendanaan pemerintah dan berperan penting dalam menjaga stabilitas ekonomi suatu negara. Akan tetapi fenomena malas membayar pajak atau penundaan bayar pajak masih menjadi masalah yang dihadapi oleh banyak negara, khususnya di Indonesia. Meskipun pajak adalah kontribusi wajib yang harus dibayarkan oleh setiap warga negara, untuk mendukung pengeluaran pemerintah dan kestabilan negara, masih saja terdapat sejumlah alasan mengapa beberapa orang malas untuk membayaar pajak.

Salah satu alasan mengapa orang malas membayar pajak, terutama untuk pajak kendaraan adalah jarangnya atau tidak pernah menggunakan kendaraan untuk berpergian jauh ataupun ke arah kota. Sehingga menyebabkan masyarakat berfikiran bahwa membayar pajak adalah kegiatan yang sia-sia saja, dan hanya membuang-buang uang mereka saja.

Selain itu, beban pajak yang terasa berat atau persepsi masyarakat yang menganggap bahwa pajak tidak memberikan manfaat yang sepadan dengan jumlah yang di bayarkan juga menjadi salah satu alasan umum yang ada di masyarakat. Orang cenderung malas untuk membayar pajak jika mereka merasa keberatan dengan tingkat bayar pajak yang dikenakan, atau jika mereka tidak melihat dampak positif dari kontribusi mereka.

Kurangnya pemahaman tentang pentingnya pajak serta konsekuensinya jika tidak membayar pajak, juga berperan dalam tingkat kepatuhan. Kurangnya edukasi mengenai peran pajak dalam Pembangunan masyarakat juga dapat mempengaruhi kesadaran masyarakat tentang pentingnya membayar pajak. Untuk itu, pentingnya meberikan informasi atau transparansi yang jelas mengenai menfaat pajak dan menjalankan kebijakan fiskal yang adil.

Peningkatan kepatuhan pajak memerlukan pendekatan yang holistik dan mempertimbangkan faktor- faktor psikologis, sosial dan ekonomi. Edukasi perubahan penyediaan pelayanan publik, serta kebijakan yang adil dan transparan, dapat membantu mengatasi tantangan dalam meningkatkan kepatuhan pajak di masyarakat. Munkin cara-cara tersebut belum bisa membantu sepenuhnya, tetapi setidaknya dapat mengurangi tingkat kemalasan dalam mebayar pajak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image