Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hery Setyawan

Jangan Berhenti Bermimpi

Guru Menulis | Monday, 01 Apr 2024, 05:36 WIB

Semua orang pasti memiliki mimpi dan tidak memandang usia, jenis kelamin atau statusnya. Mimpi adalah sesuatu yang dicita-citakan dan pastinya kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan mimpi tersebut. Sementara persahabatan adalah suatu keniscayaan karena manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Cover buku seribu mimpi satu misi (dokumen pribadi)

Antara mimpi dan persahabatan mungkin dua hal ini yang mengilhami Athira Zahra Salsabil siswi SMPN 42 Jakarta menulis buku solo yang pertamanya. Dia ingin menuliskan bahwa Persahabatan adalah pondasi dalam meraih semua mimpi. Baginya kedua hal ini akan menjadi kunci kesuksesan setiap orang.

Sebagai pembimbing saya bersyukur atas lahirnya buku kedua dari siswi kami yang telah mengikuti kegiatan penulisan satu siswa satu buku yang diadakan oleh media guru satu bulan yang lalu. Sempat khawatir tidak ada yang bisa menuntaskan proses penulisan ini karena diberikan waktu hanya satu bulan. Bagi penulis pemula apalagi sebagai pelajar satu bulan waktu yang sangat singkat. Mereka harus mengatur jadwal antara belajar dan menulis.

Buku yang akan lahir ini berjudul seribu mimpi satu misi merupakan buku yang lahir atas paksaan dan desakan dari pembimbingnya yang tidak pernah ada kata berhenti untuk memberikan semangat dan motivasi kepada penulisnya. Walaupun cover yang baru dikirim oleh editor dan masih harus menunggu berbagai rangkaian lainnya hingga buku ini bisa berada dalam pelukan penulisnya. Tetap hal tersebut membuat bangga ternyata masih ada siswa di sekolah kami yang mampu melahirkan buku solo. Dimana penilaian sebagian orang bahwa menulis itu merupakan pekerjaan yang sulit dan membosankan.

Buku ini kelak menjadi bukti bahwa menulis itu merupakan hal yang mudah dilakukan bagi siapa saja yang mau melakukan. Buku ini juga nantinya akan menjadi penyemangat bagi guru dan teman-temannya di sekolah untuk mau menulis dan menghasilkan sebuah karya. Tetaplah menulis dan teruslah menjadi bagian dari pelajar yang menyebarkan virus literasi ini melalui tulisan. Karena sesungguhnya manusia itu pasti memiliki seribu mimpi dan satu misi.

Hery Setyawan (Guru Penggiat Literasi SMPN 42 Jakarta )

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image