Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image isdie

Kiamat Pasti atau Imajinasi

Info Terkini | Wednesday, 27 Mar 2024, 04:04 WIB
Kiamat apakah memang akan terjadi atau hanya sekedar imajinasi

Kiamat sebuah kata yang kadang terdengar miris di telinga kita, semua umat manusia pasti mengenal kiamat, kiamat sesuai kamus KBBI berarti hari akhir zaman, dunia seisinya rusak binasa dan lenyap. Keyakinan tentag kiamat yang tertuang di berbagai kitab suci agama menjadi sebuah gambaran kalau dunia ini akan mengalami akhir ataupun akan hancur dan lenyap keadaannya.

Penggambaran kiamat berbagai macam kejadian mengerikan antara agama satu dengan agama lainnya beraneka ragam dalam menjelaskan tentang kejadian kiamat. Akan tetapi pada muaranya sama yaitu kehancuran alam dunia ini.

Meskipun banyak diyakini bahwa dunia ini akan mengalami titik kehancuran dan kemusnahan, ada golongan yang meragukan tentang kejadian kiamat karena kiamat hanyalah sebuah pengandaian dan imajinasi saja karena belum ada catatan ataupun sejarah dan bukti tentang adanya kiamat. Secara logika apabila tahapan kiamat mulai dari berbagai bencana besar, catatan sejarah maupun bukti sudah jelas dari zaman dahulu bencana maupun gejolak alam sudah terjadi dan tidak menghancurkan bumi secara sepenuhnya.

Pemahaman golongan yang masih meragukan kiamat yang berpegang pada rasionalitas dan fakta dari catatan sejarah kemungkinan akan menjadi sebuah dasar bagi para kaum atau generasi yang memang mengedepankan akal pikiran karena semua kejadian pasti dapat dinalar secara logika. Ilmu pengetahuanpun memang belum memastikan akan berakhirnya bumi secara keseluruhan meskipun ada ilmuwan yang mengutarakan adanya black hole atau lubang hitam yang akan menjadi sebuah titik awal bermulanya kiamat. Teori tentang black hole hanya sebagian saja yang mengamini sedangkan ilmuwan lain menggambarkan apapun kejadian di alam semesta hanyalah sebuah sikuls dan akan terus terjadi silih berganti seperti berjalannya siang dan malam.

Sebagai manusia yang berakal istilah tentang kiamat adalah imajinasi terkadang menjadi sebuah bayangan pikiran karena diyakini kiamat akan terjadi akan tetapi memang apapun perlu dibuktikan dengan fakta dan secara ilmiah apalagi perkembangan zaman yang semakin modern menjadikan teori apapun perlu diuji dengan keilmiahan. Kiamat menurut keyakinan umat beragama adalah sebuah kepastian akan tetapi bagi kaum rasionalis dan sebagian lainnya kiamat hanyalah sebuah imajinasi ataupun fiksi karena memang belum pernah terjadi selam adanya bumi ataupun adanya dunia ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image