Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Danu Pratama

Tips Menghilangkan Minyak Berlebih Pada Wajah

Gaya Hidup | Friday, 22 Mar 2024, 10:33 WIB

Kulit wajah berminyak adalah suatu kondisi di mana minyak atau kelenjar sebaceous menghasilkan minyak alami dalam jumlah berlebihan. Memang benar bahwa minyak alami menjaga kelembapan kulit. Namun, jika digunakan secara berlebihan dan tidak diobati, dapat memperparah masalah kulit seperti kulit kusam, pori-pori tersumbat, komedo, dan jerawat.

Jika Anda ingin menghindari masalah ini pada kulit Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghilangkan minyak wajah dengan cepat.

1. Double Cleansing

Adalah cara paling penting untuk menghilangkan minyak di wajah Anda. Pembersihan ganda setiap hari. Teknik pembersihan wajah yang dikenal sebagai "pembersihan ganda" melibatkan pertama-tama mencuci muka dengan busa wajah dan kemudian mengoleskan penghapus riasan ke dalamnya. Satu hal lagi yang perlu diingat Pastikan untuk menggunakan penghapus riasan dan busa wajah yang lembut di wajah dan cocok untuk jenis kulit Anda.

2. Gunakan Pelembab Wajah

Banyak orang yang memiliki kulit berminyak menganggap karena banyak menghasilkan minyak, sebaiknya tidak menggunakan pelembab wajah. Sepertinya ini tidak benar, Anda tahu. Anda tetap membutuhkan pelembap wajah yang dapat menjaga kelembapan kulit dan mengurangi minyak berlebih, meski memiliki kulit berminyak. Agar tidak salah memilih pelembap, pastikan teksturnya gel dan tidak mengandung minyak.

3. Gunakan Kertas Minyak

Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda mungkin sudah mengetahui cara menyiapkan kertas minyak. Ya, minyak bisa diserap dari wajah dengan lembaran tipis yang dikenal dengan face paper atau kertas minyak. Kertas minyak dapat digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih secara instan, membuat wajah menjadi matte dan bebas kilap, namun tidak dapat mengurangi produksi minyak.

4. Batasan Produk Berbasis Scrub

Penggunaan yang berlebihan justru akan menyebabkan kulit memproduksi minyak lebih banyak, yang akan mengiritasi kulit. Jika Anda terlalu sering menggunakan scrub, kulit Anda akan menjadi lebih kering dan kelenjar di bawahnya akan menghasilkan lebih banyak minyak untuk menjaga kelembapan kulit Anda.

5. Manfaatkan Clay Mask

Masker lumpur atau clay juga bisa digunakan untuk mengurangi minyak di wajah. Masker lumpur dapat membantu mengeluarkan minyak dari kulit dan membersihkan pori-pori. Untuk mencegah kulit kering, masker lumpur harus digunakan seminggu sekali.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image