Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Apakah Anda Ingin Memiliki Lebih Banyak Kendali Pekerjaan?

Eduaksi | Tuesday, 27 Feb 2024, 19:58 WIB
Sumber gambar: VOI

5 pertanyaan sederhana untuk membantu Anda membuat pekerjaan.

Poin-Poin Penting

· Penelitian menemukan bahwa kendali pekerjaan yang rendah dapat menyebabkan tugas-tugas biasa tampak lebih membosankan.

· Namun, orang dapat membuat perubahan kecil dalam pendekatan mereka terhadap suatu tugas untuk mengurangi perasaan negatif mereka terhadap tugas tersebut.

· Mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu individu membuat pekerjaannya menjadi lebih mudah secara mental dan emosional.

Kita semua memiliki tugas-tugas tertentu yang kita takuti di tempat kerja. Sayangnya, keberhasilan dalam pekerjaan kita sering kali bergantung pada kemampuan kita untuk menangani tugas-tugas biasa ini sebaik tugas-tugas yang lebih menarik.

Terlepas dari upaya terbaik kita untuk membuat pekerjaan lebih menarik, standar psikososial internasional yang baru mencatat bahwa rendahnya kendali terhadap pekerjaan dapat membuat tugas menjadi lebih membosankan daripada yang seharusnya ketika:

· Kita telah berulang kali meminta otonomi lebih besar.

· Kesempatan kita untuk belajar dan berkembang terbatas.

· Kita memiliki pemimpin yang sangat direktif dan mengendalikan tugas.

· Ada daftar nama atau jadwal istirahat yang tetap (tanpa keharusan bisnis yang jelas) dan tidak ada fleksibilitas bila diminta.

· Ada budaya ketidakpercayaan.

Penelitian di The Leaders Lab menemukan bahwa tidak adanya kendali atas cara kita melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawab kita dapat membuat kita merasa stres, cemas, kehilangan motivasi, dan berisiko mengalami kelelahan.

Jadi, apa yang bisa kita lakukan secara praktis untuk meningkatkan kendali pekerjaan yang rendah di tempat kerja kita, bahkan ketika pilihan kita mengenai tugas yang harus kita selesaikan terbatas?

Kabar baiknya adalah pada titik tertentu, Anda mungkin telah mengubah suatu aspek pekerjaan Anda agar lebih sesuai dengan Anda. Apakah Anda mengambil pendekatan yang berbeda terhadap suatu tugas, mengubah waktu atau tempat terjadinya tugas, mengubah pola interaksi, atau menyempurnakan cara Anda berpikir tentang pekerjaan Anda dalam pengertian yang lebih umum, Anda sedang menciptakan pekerjaan.

Penelitian Amy Wrzesniewski menemukan bahwa orang-orang yang ahli dalam pekerjaan cenderung merasa terlibat dan puas dengan pekerjaan mereka, mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi dalam organisasi mereka, dan memiliki ketahanan pribadi yang lebih besar. Para pemimpin dan tempat kerja juga mempunyai banyak manfaat, dengan penelitian yang menunjukkan bahwa tingkat kendali pekerjaan yang lebih tinggi dikaitkan dengan tingkat motivasi dan komitmen yang lebih tinggi.

Namun, menyeimbangkan kebutuhan kita dengan persyaratan peran dan organisasi kita dapat menjadi sebuah tantangan. Inilah sebabnya Rob Baker menyarankan agar kita melakukan perubahan kecil (namun besar) melalui “kerajinan mikro”. Dengan menemukan poin pilihan positif tentang mengapa, bagaimana, dengan siapa, di mana, dan kapan kita menyelesaikan setiap tugas, kita dapat meningkatkan rasa pengendalian pekerjaan.

Misalnya, kami menyarankan untuk memilih tugas yang Anda takuti dan lihat apakah Anda dapat menyesuaikan salah satu faktor berikut:

· Apa? Kekuatan apa (hal-hal yang Anda kuasai dan sukai) yang dapat Anda manfaatkan untuk menjadikan tugas ini lebih menarik?

· Siapa? Dengan siapa Anda dapat melakukan tugas ini agar lebih berenergi?

· Mengapa? Mengapa melakukan tugas ini dapat memberikan perbedaan positif bagi orang lain? Bagaimana hal ini mungkin berarti bagi Anda?

· Di mana? Di manakah melakukan tugas ini dapat membuat Anda lebih efektif?

· Kapan? Kapan melakukan tugas ini dapat memaksimalkan energi Anda?

Yang terpenting, pastikan untuk mengerjakan kerajinan dengan cara yang baik untuk Anda dan orang lain. Temukan pendekatan yang saling menguntungkan dan bagikan apa yang Anda pelajari dengan orang lain sehingga mereka dapat mencoba menyelaraskan tugas masa depan dengan kekuatan Anda.

Tentu saja, menyusun pekerjaan tidak akan mengubah semua tugas yang Anda benci menjadi tugas yang tiba-tiba Anda sukai. Namun, hal ini dapat memberi Anda kebebasan untuk membuat perubahan kecil dalam cara Anda bekerja untuk menghasilkan sisi terbaik dari diri Anda.

Penciptaan pekerjaan juga tidak pernah “satu kali selesai.” Jadi, bersiaplah untuk terus bereksplorasi, bereksperimen, dan menyesuaikan seiring konteks, kebutuhan, dan kemampuan Anda yang terus berubah. Apa yang berhasil dengan baik pada suatu hari mungkin tidak akan memuaskan pada hari berikutnya.

***

Solo, Selasa, 27 Februari 2024. 7:47 pm

Suko Waspodo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image