Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Jemputlah Rezekimu dengan Jalan Terbaik!

Agama | Monday, 26 Feb 2024, 06:32 WIB
sumber: freepik.com

Allah Subhanahu Wa Ta’ala memang telah menjamin akan rezeki setiap makhlukNya. Akan tetapi, bukan berarti kita sebagai manusia hanya berpangku tangan tanpa melakukan ikhtiar atau usaha untuk menjemput rezeki tersebut. Rasulullah SAW bersabda, “Jangnlah menganggap rezeki kalian lambat turun. Sesungguhnya, tidak ada seorang pun yang meninggalkan dunia ini kecuali setelah sempurna rezekinya. Carilah rezeki dengan cara yang baik dan halal, tinggalkanlah perkara yang haram” (HR. Ibnu Hibban)

Berikut adalah beberapa cara dalam menjemput rezeki sesuai dengan petunjuk dari Al-Quran, yaitu:

1. Berusaha dengan Sungguh-sungguh:

Berusaha dengan sungguh-sungguh adalah cara utama yang dianjurkan dalam Islam. Dalam Surah Al-Mulk (67:15), Allah berfirman, Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan."

Artinya, Allah menciptakan dunia ini dengan segala potensinya, dan kita dianjurkan untuk berusaha memanfaatkannya dengan bijaksana.

2. Bersedekah

Perintah bersedekah dalam Al-Quran adalah salah satu cara untuk menjemput rezeki yang berkah. Dalam Surah Al-Baqarah (2:261), Allah berfirman, "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

3. Berdoa dengan Istiqamah

Berdoa adalah tindakan spiritual yang sangat ditekankan dalam Islam. Dalam Surah Al-Baqarah (2:201), Allah berfirman, “Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka".

Doa ini mencerminkan kesadaran bahwa setiap insan hendaknya tidak hanya meminta kebaikan di dunia, tetapi juga untuk kehidupan akhirat.

4. Menjauhi yang Haram dan Maksiat

Allah memerintahkan umat-Nya untuk menjauhi yang haram dan maksiat sebagai langkah untuk menjemput rezeki yang halal dan berkah. Dalam Surah Al-Baqarah (2:267), Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji."

5. Menunaikan Kewajiban atau Perintah Allah SWT

Allah Subhanahu Wa Ta’ala menekan pentingnya menjalankan perintah kewajiban agama sebagai sarana untuk membuka pintu rezeki. Dalam Surah Al-Baqarah (2:267), Allah berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan mendirikan salat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhan mereka; tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati."

6. Senantiasa Bersyukur atas Karunia Allah SWT

Dalam Surah Ibrahim (14:7), Allah berfirman, "Dan (ingatlah) tatkala Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." Bersyukur atas nikmat-nikmat Allah, termasuk rezeki, merupakan langkah penting untuk mempertahankan dan melancarkan rezeki yang diberikan-Nya.

7. Menjaga Amanah dan Kejujuran:

Dalam Surah Al-Ma'idah (5:1), Allah berfirman, " Hai orang-orang yang beriman, penuhilah aqad-aqad itu. Dihalalkan bagimu binatang ternak, kecuali yang akan dibacakan kepadamu. (Yang demikian itu) dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang mengerjakan haji. Sesungguhnya Allah menetapkan hukum-hukum menurut yang dikehendaki-Nya." Menjaga amanah dan berlaku jujur dalam berbisnis dan berinteraksi dengan sesama merupakan bagian dari perintah Allah untuk menjemput rezeki.

Dengan berpedoman dan mengikuti petunjuk Al-Quran, umat Islam dapat menjemput rezeki dengan cara yang baik, berkah, dan sesuai dengan ajaran agama. Dengan menjalankan perintah-perintah tersebut, diharapkan umat Islam dapat meraih rezeki yang diberkahi oleh Allah SWT.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image