Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Queensha Nazara

Mari Jaga Bumi: Satukan Langkah untuk Cegah Perubahan Iklim

Pendidikan dan Literasi | Wednesday, 21 Feb 2024, 09:04 WIB

Mari Mencegah Perubahan Iklim Dengan Menjaga Bumi


Bumi adalah satu-satunya planet yang memiliki kehidupan di dalamnya. Sebagai mahkluk hidup, menjaga bumi agar tetap stabil adalah tanggung jawab kita. Setiap bagian bumi memberikan kita kehidupan, maka dari itu kita harus menyadari pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan. Saat ini mitigasi perubahan iklim dan pengurangan jejak karbon sangat dibutuhkan dalam upaya melindungi lingkungan dan mengurangi dampak perubahan iklim.


Sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu bumi mengalami pembentukannya melalui proses akresi dari materi nebula tata surya. Diperoleh dari berbagai sumber ilmiah menunjukkan bahwa perubahan iklim terus berlangsung, menyebabkan cuaca ekstrim, dan naiknya permukaan air laut. Dukungan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil serta peralihan ke energi terbarukan dianggap sebagai kunci utama dalam mencapai perubahan positif dan berkelanjutan dalam menjaga perubahan iklim dan proses pengurangan jejak karbon.


Adapun, sekitar 90 persen emisi gas karbon dioksida dihasilkan dari penggunaan bahan bakar fosil. Maka dari itu dengan dampak negatif yang ditimbulkan, sebaiknya kita harus mengurangi penggunaan energi fosil dengan memilih transportasi ramah lingkungan, menggunakan bahan bakar alternatif seperti biofuel atau hidrogen. Melakukan kegiatan audit energi, efesiensi penggunaan energi, serta beralih ke energi yang bersumber daya matahari, panas bumi, biomassa, dan air sebagai peralihan ke energi terbarukan.


Menjaga bumi memerlukan kesadaran menyeluruh tentang tanggung jawab kita terhadap lingkungan, bukan hanya dengan menjaga keindahan alam tetapi juga melindungi keberlangsungan hidup manusia. Oleh karena itu, dengan kita melakukan upaya untuk menanggulangi dampak perubahan iklim, kita dapat mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan pengurangan jejak karbon sebagai upaya bersama dalam menjaga bumi. Semua orang mempunyai peran penting dalam menjaga bumi agar tetap sehat dan berkelanjutan untuk kedepannya.

Artikel ini merupakan Tugas Kelompok 2 Teks Persuasi Kelas VIII—H SMPN 5 Karawang Barat yang diampu oleh Ibu Puspita Rindaniati, S.Pd

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image