Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Dari KKN untuk Meningkatkan Kesehatan Masyarakat

Info Terkini | Friday, 09 Feb 2024, 10:00 WIB
KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adakan program posyandu dan sosialisasi kesehatan lansia (Dok. Istimewa)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode 119 Unit XIV.A.1 dengan menitikberatkan pada upaya peningkatan kesehatan masyarakat. Program yang dilaksanakan di Padukuhan Karang, Kelurahan Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, pada (3-2-2024) ini membahas pelayanan Posyandu sekaligus sosialisasi bagi kesehatan lansia dan pencegahan stunting.

Tim KKN dari UAD mencakup mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu, bekerja sama dengan masyarakat setempat, pemerintah desa, dan stakeholder terkait. “Tim KKN membantu pengembangan dan optimalisasi Posyandu di Padukuhan Karang. Ini mencakup penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan rutin, imunisasi, serta penyuluhan kesehatan kepada lansia dan balita,” kata Rinto Utomo selaku Kepala Padukuhan Karang.

Untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan lansia, tim menyelenggarakan sosialisasi tentang gaya hidup sehat, pola makan yang baik, dan program kesehatan khusus untuk lansia. Tim juga memberikan informasi dan pembekalan kepada ibu-ibu muda mengenai pencegahan stunting, termasuk asupan gizi yang seimbang untuk balita.

Dengan melibatkan masyarakat dalam program ini, diharapkan terciptanya pola hidup sehat, peningkatan akses pelayanan kesehatan melalui Posyandu, dan kesadaran pencegahan stunting di kalangan ibu Padukuhan Karang. Tak ketinggalan, program ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Desa dan masyarakat Padukuhan Karang.

Andra Galih Firmansyah selaku ketua tim KKN UAD Unit XIV.A.1 menyatakan, “Program KKN UAS bukan hanya sebagai wujud tanggung jawab sosial kampus, tetapi juga sebagai langkah nyata dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di tingkat lokal.” Ia menambahkan, “Melalui kolaborasi yang erat antara mahasiswa dan masyarakat, diharapkan program ini akan memberikan dampak positif jangka panjang bagi kesejahteraan dan kesehatan masyarakat setempat.” (can)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image