Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Isra' Mi'raj dan Baitul Maqdis

Agama | Friday, 02 Feb 2024, 14:51 WIB
dok.NN.taufiksentana.istimewa

Peringati Isra' -mi'raj, Khatib Masjid Baitul Makmur Singgung Keutamaan Baitul Maqdis

====

Tampil sebagai Khatib di Masjid Baitul Makmur, Aceh Barat (2/2/24), Ust H.Tabsyir Masykar.Lc, MA menyampaikan keutamaan Baitul Maqdis. Ini juga terkait dengan bulan Isra'-mi'raj Baginda Muhammad saw.

Ust. Tabsyir menyebutkan bahwa keutamaan Baitul Maqdis di wilayah syam (juga Palestina), disinggung dalam Alquran. Di antaranya dalam surat Almaidah ayat 21, Al.anbiya' 71 dan Al isra' ayat 1. Yaitu terkait umat nabi Musa, Risalah Nabi Ibrahim dan perjalanan mu'jizat Nabi Muhammad saw.

Selanjutnya, keutamaan Baitul Maqdis adalah karena menjadi masjid kedua setelah masjidil haram.

Nabi Muhammad saw juga mensinyalir bahwa perjalanan terbaik yang perlu disiapkan adalah ke masjidil haram, masjid Nabawi dan Baitul Maqdis.

Di samping itu, Ust Tabsyir juga menukil kisah dari hadis Nabi saw terkait fatwa untuk Maimunah tentang kewajibannya terhadap Baitul Maqdis.

Yaitu dengan mengunjunginya (padahal saat itu sedang dalam jajahan Romawi), Kalau tidak bisa maka berilah hadiah walau berupa minyak lampu, (bukan sebutan infaq), menandakan kemuliaan Baitul Maqdis, dan kemuliaan orang orang di dalamnya. Baitul Maqdis juga menjadi area mahsyar yang disebut dalam hadis nabi Muhammad saw.

Terkait dengan kondisi Palestina saat ini (setelah 175 hari dibombardir zionis/75 tahun dijajah), Ust Tabsyir mengingatkan tentang mu'jizat nabawi dari hadis tentang Ribath (siap siaga) dan berjihad di Atsqalan (askelon sekarang, dulu saru lokasi dengan Gaza) sebagai jihad terbaik.

Beliau juga mengingatkan pentingnya bagi kita untuk selalu mendoakan saudara kita di sana, berinfaq dan ikut memboikot produsen yang terafiliasi dengan Zionis Israel.

* Ust. Tabsyir Masykar Lc. MA adalah dosen di STAIN Tengku Dirundeng Aceh Barat dalam program Tafsir Alquran dan sedang Dipromosikan untuk program Doktoral di Timur Tengah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image