Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Cheril Khairunnisa

Seorang Gadis dan Dua Sahabatnya Berpetualang ke Dunia Paralel

Pendidikan dan Literasi | Sunday, 21 Jan 2024, 13:24 WIB

Judul Buku: Bumi

Pengarang: Tere Liye

Penerbit : PT Sabak Grip Nusantara

Tahun terbit: 2023

Jumlah Halaman : 438 halaman

ISBN: 9786239726263

Darwis yang akrab disapa Tere Liye merupakan penulis novel berjudul Bumi. Buku yang bertemakan tentang dunia paralel, Tere Liye tidak hanya menerbitkan buku serial “Bumi” ini saja, namun masih ada beberapa buku lainnya.

Novel ini menceritakan tentang kehidupan seorang putri yang sedang mencari jati dirinya, gadis lajang bernama Raib, dia merupakan gadis dari generasi klan bulan. Ia memiliki 2 kucing bernama "si putih" dan "si hitam". Dia juga menyimpan sesuatu sejak kecil, yaitu dia bisa menghilang. dia mempunyai teman bernama Seli dan Ali, awalnya Ali adalah orang yang menyebalkan karena kelakuannya. Keanehan muncul saat Raib dan Ali sedang dihukum saat pelajaran Nona Selena atau akrab disapa Nona Keriting, saat mereka sedang dihukum dan menunggu di luar, Raib melihat sesosok tubuh tinggi kurus. Keanehan tak berhenti sampai di situ, saat Raib kembali ke rumahnya, kucing miliknya yang bernama si hitam tiba-tiba menghilang.

Tema bukunya adalah tentang persahabatan. Pemeran utamanya adalah Raib, Seli dan juga Ali, Raib adalah seorang gadis pemalu sejak kecil, Seli adalah sahabat Raib yang memiliki sifat ramah, dan Ali yang memiliki sifat keras kepala dan suka mencari masalah. Cerita ini juga mempunyai setting di bumi dan dunia paralel.

Alurnya campuran, kelebihan novel ini adalah alurnya yang menarik dan menghibur juga mengajak pembacanya berimajinasi, penyajian bahasanya ringan dan mudah dipahami. Kekurangan dari novel ini adalah terlalu banyak perpanjangan bukunya, serta terdapat beberapa istilah yang cukup sulit untuk dipahami, buku ini sangat cocok dibaca oleh anak-anak hingga remaja, karena buku ini mengajak kita untuk berimajinasi.

Ulasan ini dibuat oleh Cheril Khairunnisa Sakhi VIII-J SMPN 5 KARAWANG BARAT

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image