Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Samdya Adabi

Kehidupan 10 Anak Keluarga Miskin yang Bersekolah Penuh Keterbatasan

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 20 Jan 2024, 14:10 WIB

Judul : Laskar Pelangi Penulis : Andrea Hirata Penerbit : BentangTahun Terbit : 2008Jumlah Halaman : 534 HalamanNomor ISBN : 979-3062-79-7

Novel "Laskar Pelangi" Merupakan karya dari Andrea Hirata. Andrea Hirata merupakan salah satu penulis yang terkenal dia telah mencapai prestasi menjadi pemenang BuchAwards Jerman 2013, pemenang festival buku New York 2013 dan banyak lagi. Saya memilih untuk mengulas buku ini karena isi cerita nya yang sangat menginspirasi kita semua.

“Bangunan itu nyaris rubuh. Dindingnya miring bersangga sebalok kayu. Atapnya bocor di mana-mana. Tetapi, berpasang-pasang mata mungil menatap penuh harap. Hendak ke mana lagikah mereka harus bersekolah selain tempat itu? Tak peduli seberat apa pun kondisi sekolah itu, sepuluh anak dari keluarga miskin itu tetap bergeming. Di dada mereka, telah menggumpal tekad untuk maju.”

Begitu banyak hal menakjubkan yang terjadi dalam masa kecil para anggota Laskar Pelangi. Sebelas orang anak Melayu Belitong yang luar biasa ini tak menyerah walau keadaan tak bersimpati pada mereka. Tengoklah Lintang, seorang kuli kopra cilik yang genius dan dengan senang hati bersepeda 80 kilometer pulang pergi untuk memuaskan dahaganya akan ilmu bahkan terkadang hanya untuk menyanyikan padamu negeri di akhir jam sekolah atau Mahar, seorang pesuruh tukang parut kelapa sekaligus seniman dadakan yang imajinatif, tak logis, kreatif, dan sering diremehkan sahabat-sahabatnya, namun berhasil mengangkat derajat sekolah kampung mereka dalam karnaval 17 Agustus, dan juga sembilan orang Laskar Pelangi lain yang begitu bersemangat dalam menjalani hidup dan berjuang meraih cita-cita.

Ironisnya kehidupan mereka, kejujuran pemikiran mereka, indahnya petualangan mereka, dan temukan diri Anda tertawa, menangis, dan tersentuh saat membaca setiap lembarnya. Buku ini dipersembahkan buat mereka yang meyakini the magic of childhood memories, dan khususnya juga buat siapa saja yang masih meyakini adanya pintu keajaiban lain untuk mengubah dunia pendidikan.

Laskar Pelangi, kisah perjuangan anak-anak untuk mendapatkan ilmu. Diceritakan dengan lucu dan menggelitik, novel ini menjadi novel terlaris di Indonesia. Inspiratif dan layak dimiliki siapa saja yang mencintai pendidikan dan keajaiban masa kanak-kanak.

Tema Novel Laskar Pelangi, semangat perjuangan yang disertai dengan keikhlasan sebelas orang anggota laskar pelangi dalam menempuh pendidikan.

Aku (Ikal), Ikal merupakan tokoh utama protagonis yang digambarkan memiliki perawan kecil, berbadan relatif kurus, berkulit hitam, dan berambut ikal. Di sisi lain, Ikal digambarkan memiliki tekad yang kuat terlebih bila sudah menginginkan sesuatu. Sosok Ikal sangat mengagumi sahabatnya yang bernama Lintang. Lintang ,Lintang digambarkan sebagai tokoh yang rajin, siswa yang tak pernah membolos meski jarak antara rumah dengan sekolahnya sangat jauh. Karakter yang menonjol terkait Lintang yakni berkaitan dengan kejeniusannya. Meski memiliki kemampuan di atas rata-rata, Lintang tidaklah sombong.

Dia senang membantu teman sekelasnya yang mengalami kesulitan. Mahar, Mahar merupakan salah satu anggota Laskar Pelangi yang memiliki kecerdasan dalam bidang seni. Dari segi fisik Mahar digambarkan sebagai seorang laki-laki yang eksentrik dan berwajah rupawan. Kucai, Kucai juga termasuk anggota Laskar Pelangi yang menjadi ketua kelas. Kucai digambarkan memiliki masalah penglihatan yakni menderita mopia atau rabun jauh. Meski memiliki otak yang kurang encer, Kucai memiliki relasi dan hubungan yang luas sehingga menyebabkannya banyak tahu informasi di sekelilingnya. Syahdan, Syahdan digambarkan sebagai tokoh yang memiliki pembawaan ceria, bertubuh kecil serta tak mudah putus ada.

Di kelompok Laskar Pelangi, Syahdan selalu menjadi pecundang.Bore (Samson), Bore digambarkan sebagai sosok yang berbadan besar serta memiliki obsesi untuk membesarkan otot-otot badannya. Pada akhir novel, dikisahkan Bore menjadi pekerja di toko milik sahabatnya sendiri yaitu A Kiong. A Kiong Di dalam kelompok Laskar Pelangi, A Kiong digambarkan sebagai sosok yang polos. Dia menaruh hormat dan kagum terhadap Mahar. Di sisi lain, dia selalu bermusuhan dengan Sahara.

Di mana ada mereka, pertengkaran hampir tak bisa dihindarkan. Trapani, Trapani digambarkan sebagai tokoh yang memiliki keterikatan emosi yang luar biasa dengan ibunya. Ia hampir tak pernah bisa dilepaskan dari ibunya. Harun, Harun merupakan anggota Laskar Pelangi yang memiliki disabilitas mental. Harun memiliki hambatan dalam membaca dan menulis. Sahara , Sahara merupakan satu-satunya anggota perempuan dalam kelompok Laskar Pelangi. Dia memiliki badan ramping dan mengenakan mengenakan jilbab dalam kesehariannya. Sifat utama Sahara yakni sangat penuh kehati-hatian dan keras kepala.

Bu Muslimah , Bu Mus adalah guru muda di sekolah Muhammadiyah. Karakter utama tokoh ini yakni rela berkorban, sabar, disiplin serta memiliki tekad yang kuat dalam hal pendidikan. Pak Harfan ,Pak Harfan adalah sang kepala sekolah di sekolah Muhammadiyah. Dia berdedikasi tinggi untuk memajukan pendidikan di daerahnya. Selain itu, Pak Harfan adalah sosok guru yang penyabar, bersahaja dan pintar bercerita sehingga disukai oleh muridnya. A Ling , A Ling merupakan saudara sepupu dari A Kiong.

Dia merupakan anak dari pemilik toko Sinar Harapan, tempat di mana sekolah membeli kapur. Tokoh ini merupakan cinta pertama dari tokoh aku (Ikal). Flo, Flo merupakan anggota Laskar Pelangi yang masuk paling akhir yakni anggota kesebelas. Flo merupakan siswa pindahan yang memiliki kegemaran serupa Mahar yaitu mengenai dunia gaib dan hal-hal misteri.

Dalam novel ini alur yang digunakan adalah jenis alur maju.Sudat pandang yang dipakai dalam novel laskar pelangi ini ialah sudut pandang orang pertama pelaku utama karena dalam perceritaan novel penulis memakai kata 'Aku'. Tokoh 'Aku' di dalam novel ini dikisahkan paling dominan sehingga si tokoh 'aku' bisa dibilang sebagai tokoh atau pelaku utama.
Secara umum, amanat dalam novel Laskar Pelangi merupakan ajakan untuk bersyukur dalam hidup. Cerita para siswa dan juga guru yang berjuang di tengah minimnya fasilitas pendidikan serta dihimpit kemiskinan yang ada di Belitong, mengarahkan pembaca untuk senantiasa bersyukur dan kerja keras dalam menjalani hidup.

kelebihan yang ada dalam novel laskar pelangi adalah Cara penyampaian cerita yang khas, Terdapat kritik social terhadap pemerintah tentang pendidikan, khususnya di daerah terpencil, Menggambarkan persahabatan yang erat, Mengajarkan kita untuk selalu tabah,Terinspirasi dari masa kecil penulis. Kekurangan yang ada dalam novel laskar pelangi adalah Tidak menjelaskan secara rinci tentang waktu kejadian.

Novel ini cocok dibaca untuk semua usia, mulai dari anak anak hingga dewasa.

ULASAN INI DIBUAT OLEH SAMDYA ADABI KELAS VIII G SMPN 5 KARAWANG BARAT

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image