Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alicia Kristiani

Ketika Benci tak Jauh dari Cinta

Pendidikan dan Literasi | Friday, 19 Jan 2024, 20:22 WIB

judul buku:IN A BLUE MOON

penulis:Ilana Tan

penerbit:PT Gramedia pustaka utama

tahun terbit:2015

jumlah halaman:320

ISBN:9786020314624


Prestasi penulis dari Ilana Tan adalah seorang novelis Indonesia yang dikenal karena menulis tetralogi empat musim yang masing-masing novelnya disajikan dengan cerita yang latarnya berbeda-beda. Novel Ilana Tan memiliki keunikan, yaitu tokoh-tokoh dari novel yang satu dengan novel yang lainnya saling berkaitan.buku ini bercerita tentang perjodohan yang dulunya memiliki kisah buruk di masa lalu.


Novel ini bercerita tentang Sophie Wilson gadis cantik pandai membuat kue yang mempunyai masa lalu buruk dengan Lucas Ford. Tapi sialnya, kakek mereka yang kenal dekat bersepakat untuk menjodohkan mereka. Lucas Ford pertama kali bertemu dengan Sophie Wilson di bulan Desember pada tahun terakhir SMA-nya. Gadis itu membencinya, Lucas kembali bertemu dengan Sophie di bulan Desember sepuluh tahun kemudian di kota New York, Sophie masih saja tetap membencinya.

Masalah utamanya bukan itu, melainkan kenyataan bahwa gadis yang membencinya, kini ditetapkan sebagai tunangan Lucas oleh kakeknya yang suka ikut campur. Sophie tidak menerima keputusan kakeknya itu. Ia yang sangat membenci Lucas merasa hidupnya begitu hancur saat mendengar berita itu. Sampai mati pun, ia tidak mau dijodohkan dengan Lucas. Tapi sebaliknya, Lucas justru terlihat berminat, ia melakukan segala cara untuk bisa berdekatan dengan Sophie. Ia sama sekali tak merespon Miranda, yang cinta banget pada dirinya. Lucas mendekati Sophie bukan karena perintah kakeknya. Ia mendekati Sophie karena ingin mengubah pendapat Sophie tentang dirinya. Juga karena ia ingin Sophie menyukainya sebesar ia menyukai gadis itu. Dan, kadang-kadang hal tersebut sangat jarang terjadi, tentu saja kakeknya bisa mengambil keputusan yang tepat


Cerita pada buku "in a blue moon" mengangkat tema berupa perjodohan memiliki alur maju mundur (campuran) beberapa bagian mungkin menampakan kejadian di masa lalu namun hal tersebut ditampilkan dalam bentuk bayangan dari pada tokoh. ada banyak tokoh di dalam buku ini Lucas Ford Seorang koki di sebuah restauran, cucu dari Gord Ford, seorang yang pantang menyerah untuk mendapatkan yang ia inginkan,Sophie Wilson Sophie Wilson yang pandai membuat kue, yang punya masa lalu buruk dengan Lucas Ford,Gordon Ford Kakek dari Lucas, berusia 75 tahun yang masih sehat, sangat aktif, dan begitu mandiri. sahabat dari Thomas Wilson,Thomas Wilson Kakek dari Sophie, yang tidak pantang menyerah, dan ingin memberikan yang terbaik untuk cucunya,Miranda Teman dekat dari Lucas, berfisik tinggi, cantik, rambut merah, yang menyukai Lucas,Spencer Wilson Kakak dari Sophie dan cucu dari Thomas, seorang kakak yang dewasa, dan ramah,Tyler Kakak dari Sophie dan cucu dari Thomas,Nicholas Li Teman dekat dari Shophie yang menyukaiShophie,Christina salah satu seorang karyawan Sophie di A Piece of Cake, ramah, baik dan dapat menjadi panter yang baik,Toby Grant Teman lama dari Lucas,Adrien Graves Pria yang baru kembali dari Africa selama 4 tahun yang memiliki hubungan rahasia dengan Sophie.latar tempat new york.latar waktu pada bulan Desember.novel "in a blue moon" menggunakan sudut pandang orang ketiga karena penulismenggunakan nama tokoh atau kata di dalam cerita.amanat dari buku ini sebaiknya kita jangan berlebihan terhadap orang dan jangan terlalu benci


Buku ini memiliki kelebihan karya dari tokoh utama nya Lucas dan Sophie sudah sangat bagus. Kekurangan karya tetapi ada beberapa detail yang sepertinya kurang untuk diperdalam. Seperti, bagaimana cerita tentang Lucas yang terkesan tiba-tiba menyetujui perjodohannya, dan juga tentang latar belakang keduanya yang hanya dijelaskan secara sekilas.
Buku ini direkomendasian untuk remaja 15 tahun ke atas
Teks ulasan dibuat oleh Nabila Dwi Herlina kelas VIII-F SMPN 5 Karawang Barat

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image