Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aulia Triana

Kisah Cinta dan Konflik Keluarga

Pendidikan dan Literasi | Friday, 19 Jan 2024, 18:13 WIB


Judul Buku :Love Or Osis
Penulis :Saniyah Putri Salsabila Said
Penerbit :Cloud Books, Depok
Tahun Terbit :2021
Jumlah Halaman :360
Ukuran buku : 14 cm x 20,5 cm
Nomor ISBN : 9786239546083

Latar belakang = Buku ini menceritakan kisah keluarga yang tidak harmonis akibat keteledoran orangtua dalam ketidakadilan pemberian kasih sayang, hingga menyebabkan mental anak menurun membuat kegiatan anak terganggu dalam ketidak harmonisan keluarga karena saat berkumpul . Ringkasan isi buku = Aurela Citra Amelia, seorang gadis yang mempunyai masalah dengan keluarganya karena kesalahan yang tidak dia lakukan, padahal itu perbuatan adiknya yang bernama Ririn, hal ini membuat mama Aurel sangat benci dengan Aurel karena kesalahpahaman yang terjadi dan membuat Aurel memiliki kelemahan mental karena semenjak itu dia tidak pernah diberi kasih sayang yang adil. Kejadian ini terjadi mulai sejak Aurel SMP hingga sekarang, karena saat itu ibu Aurel hamil dia ingin minum jus namun Aurel dan Ririn menawarkan diri untuk membuatkan, akhirnya ibunya menyetujui dan mereka mulai membuat. Saat mereka membuat jus ada seorang tante memberikan sebuah serbuk yaitu obat penggugur kandungan, serbuk tersebut diserahkan kepada Ririn. Saat menyerahkan jus ibunya tidak ingin mereka berdebat akhirnya dimunum keduanya dan akhirnya ibunya mengalami pendarahan dan Aurel yang disalahkan. Hal ini memicu Aurel harus dipindahkan ke sekolah yang berbeda dengan Ririn.Bukan hanya masalah keluiarga namun juga masalah cinta, kekasih Aurel yang telah direbut oleh adiknya karena sang adik tidak ingin ada orang yang menyayangi Aurel dengan tulus.Di sekolah baru Aurel bertemu dengan seorang cowok bernama Adrian Akram Anugrah. Dengan pertemuan awal yang cukup membuat Aurel sedikit emosi karena tingkah Adrian yang sangat jahil, namun beda untuk Adrian yang menjadikan pertemuan awalnya merasa senang karena merasa tertarik saat melihat Aural yang cantik. Berawal dari itu, ternyata mereka di tempatkan satu kelas bahkan satu bangku yang membuat mereka tanpa sadar telah jatuh cinta, namun mereka memilih untuk sama sama bingung karena keduanya adalah pengurus osis. Organisasi tersebut mempunyai pasal yang sangat keramat menurut pengurus, dalam satu organisasi dilaranng ada yang memiliki hubungan lebih sebagai pacar atau akan merima sanksi yang berat.Pasal tersebut membuat siapa saja merasa terancam jika melanggarnya.
-ALASAN MENGULAS BUKU:Novel Love or Osisi adalah karya Saniyah Putri Salsabila Said yang sudah dibaca 5 juta lebih pembaca di Wattpad. Terbit pada 23 april 2021 lalu-PRESTASI PENULIS:Saniyyah putri Salsabila Said--BUKU YANG DI ULAS:Love or osis
3.RINGKASAN ISI BUKU:Aurel citra ameliaagadis yang mempunyai masalah dengan keluarganya karena kesalahan yang tidak dia lakukan, padahal itu perbuatan Ririn, sang adik. Hal itu memicu Aurel harus dipindahkan ke sekolah yang berbeda dengan Ririn. Di sana, dia dipertemukan dengan seorang cowok bernama Adrian Akram Anugrah. Pertemuan pertama mereka tidak cukup manis.
4-TEMAA:konflik keluarganya kental banget dan kisah cintanya sangat romantis. Alurnya maju karna memberikan kejutan dan tingkah laku yang sangat konyol seiring dengan perkembangan kisah. Setiap tokoh memiliki peran yang berbeda beda, seperti Aurel yang berperan sebagai protagonis dan cantik, Andriran sebagai cowo yang paling ganteng di sekolahan nya dan sangat di minati oleh wanita di sekolah nya, Galih sebagai ketua osis yang terkenal sangat galak ktika ada yang membantah dia, Reno sebagai anak yang konyol dan sering mencairkan suasana ketika sedang serius.
-Latar TEMPAT= Di rumah aurel dan di sekolah SMA JAY salah satu sekolah di jakarta yang terkenal dengan berbagai prestasi. Latar waktunya adalah pagi hari, siang hari, dan malam hari. Suasanya sangat baper ketika andrian memeluk aurel yang sedang terluka karna ulah orang tua nya sendiri.Amat nya adalah kalian pasti percaya dengan kalimat ini. Kelak, akan ada pelangi setelah hujan yang berarti akan ada kebahagiaan setelah tangis yang panjang. Begitu pula kisah Aurel dengan berbagai masalah yang dia hadapi dan kini perjuangannya telah selesai, telah berhasil dilaluinya.Kebahagiaan menanti Aurel di masa depan setelah melalui berbagai hal aneh.
5.Kelebihan= Buku ini memiliki cerita yang sangat menarik, konflik keluarga yang sangat kental. Gaya dan tutur bahasa yang mudah dipahami, kisah cintanya juga tidak kalah menarik, memiliki alur yang jelas dan tidak bertele-tele, setiap bab membuat pembaca selalu penasaran dan ingin melanjutkan untuk membaca dan tidak membosankan. Sampul buku yang menarik untuk dibaca oleh kalangan remaja karena bergambar untuk anak sekolah pada masa SMA bahkan judulnya juga menarik.Kekurangan dalam buku ini memiliki banyak kesalahan ejaan kata, kualitas pencetakan buku yang kurang baik membuat pembaca sakit mata dan pesan yang disampaikan kurang mudah dipahami.Meskipun buku ini banyak memiliki kekurangan namun sangat cocok dibaca untuk kalangan remaja, kekurangan buku ini dapat dilengkapi dengan kelebihannya yang sudah cukup menarik untuk pembaca.
6.Cocok di baca oleh remaja
TEKS ULASAN INI DI BUAT OLEH AULIA TRIANA KELAS VIII-G SMPN 5 KARAWANG BARAT

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image