Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Karakteristik Komunikasi Massa

Teknologi | Tuesday, 16 Jan 2024, 16:12 WIB

NAMA : Nailazfa Callista Hakim

NIM. : 23010400111

PRODI : Ilmu Komunikasi

Dosen : Dr. Nani Nurani Muksin, M. Si

A.PengertianKomunikasiMassa

Komunikasi massa merupakan singkatan dari komunikasi media massa (mass media communication), yaitu komunikasi melaluimedia massa (communicating with media). Media massa sedirimerupakan singkatan dari media komunikasi massa (mass communication media), yaitu sarana komunikasi kepada orang banyak (massa).

Secara bahasa, massa artinya jumlah yang banyak sekali; sekumpulan orang yang banyak sekali (KBBI). Media dalamkonteks komunikasi massa meliputi:

1.mediacetak(suratkabar, tabloid,majalah),2.mediaelektronikataupenyiaran(radio dantelevisi),3.media online (mediasiber/website).

Pengertian komunikasi sendiri dirumuskan dengan baik oleh Deddy Mulyana dalam bukunya Ilmu Komunikasi SuatuPengantari sebagai “proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dsb. yang dilakukan dengan menggunakanlambang-lambang atau kata-kata, gambar, bilangan, grafik, dll.”

Komuniksi massa menjadi bidang kajian tersendiri dalam studiilmu komunikasi. Karena melibatkan media, maka komunikasimassa terkait erat dengan jurnalistik (jurnalisme) dan penyiaran (broadcasting).

B.KomunikasiMassaMenurutPara Ahli

Berikut ini pengertian komunikasi massa yang dirumuskan oleh para ahli, akademisi, dan praktisi. Semuanya menyertakankata media dalam definisi mereka.

1. John R. Bittner (1989): komunikasi massa adalah proses penyampaian pesan kepada sejumlah besar orang melalui media massa kepada kepada sejumlah besar orang. (mass communication is messages communicated through a mass medium to a large number of people).

2. DeFleur dan Dennis (1985): komunikasi massa adalahproses digunakannya media oleh komunikator untukmenyebarkan pesan secara luas.

3. Ruben (1992): komunikasi massa adalah proses pembuatandan penyebaran informasi oleh organisasi untuk dikonsumsikhalayak.

4. Littlejohn dan Foss (2011): komunikasi massa adalah proses produksi dan transmisi pesan yang dilakukan organisasi media kepada publik yang luas sehingga pesan-pesan tersebut dapatdilihat, digunakan, dipahami, dan dipengaruhi oleh khalayak.

5. McQuail: komunikasi massa adalah satu-satunya proses komunikasi yang berjalan pada tingkatan masyarakat luas, sertamudah diketahui oleh karakteristik kelembagaannya.

6. Wright (1986): komunikasi massa adalah suatu bentuk barukomunikasi yang dapat dibedakan dari bentuk komunikasisebelumnya, yang diikuti oleh beberapa karakteristik utamayaitu diarahkan kepada khalayak yang luas, heterogen, dan anonim; pesan dikirimkan kepada publik guna menjangkausejumlah besar khalayak secara simultan dan serempak; komunikator cenderung merupakan organisasi yang kompleksatau mereka yang berada dalam organisasi yang kompleks.

7. Jalaluddin Rakhmat (1991): komunikasi massa merupakanjenis komunikasi yang ditujukan kepada khalayak tersebar, heterogen, dengan menggunakan media massa sehingga pesanyang sama dapat diartikan secara serempak dan sesaat.

8. Gerbner dalam (Ardianto, 2004): pengertian komunikasimassa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskanteknologi dan lembaga dari arus pesan yang berkesinambunganserta paling luas dimiliki orang dalam masnyarakat industry (mass communication is the technologically and institutionally based production and distribution of the most broadly shared continuous flow of messages in industrial societies).

9. Jay Black dan Frederick C: komunikasi massa adalahsebuah proses produksi dan penyebaran pesan-pesan secaramassal kepada massa penerima pesan yang luas, anonim, dan heterogen (Nurudin, 2006 ).

10. Tan dan Wright: komunikasi massa merupakan bentukkomunikasi yang menggunakan saluran (media) dalammenghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak, bertempat tinggal yang jauh (terpencar), sangat heterogen, dan menimbulkan efek tertentu.

11. Dedy Mulyana (2005): komunikasi massa adalahkomunikasi yang menggunakan media massa, baik cetak (suratkabar, majalah) atau elektronik (radio, televisi), yang dikelolaoleh suatu lembaga atau orang yang tersebar yang dilembagakan, yang ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar di banyak tempat, anonim, dan heterogen.

12. Joseph A. Devito: komunikasi massa adalah komunikasiyang ditujukan kepada massa atau khalayak banyak yang disalurkan oleh media televisi, radio, surat kabar, majalah, buku, tabloid, film, dan pita.

Berdasarkan pengertian komunikasi massa menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan, komunikasi massa adalah komunikasimenggunakan media massa yang ditujukan kepada khalayakluas, heterogen, dan anonim sehingga pesan yang sama dapatditerima secara serentak.

C.KomponenKomunikasiMassa

Komunikasi massa pada dasarnya merupakan proses komunikasisatu arah. Artinya, komunikasi berlangsung dari komunikator(sumber) melalui media kepada komunikan (khalayak).

Menurut Ardianto dkk (2007), komunikasi massa terdiri daribeberapa komponen sebagai berikut:

1. Komunikator

Dalam komunikasi massa produknya bukan merupakan karyalangsung seseorang, tetapi dibuat melalui usaha-usaha yang terorganisasikan diri beberapa partisipan, diproduksi secaramassal dan didistribusikan kepada massa.

2. Pesan

Sesuai dengan karakteristik dari pesan komunikasi massa yaitubersifat umum, maka pesan harus diketahui oleh setiap orang. Peranan pesan bergantung pada sifat media yang berbeda antarasatu sama lainnya.

3. Media

Media yang dimaksud dalam proses komunikasi massa yaitumedia massa yang memiliki ciri khas, mempunyai kemampuanuntuk memikat perhatian khalayak secara serempak(simultaneous) dan serentak (instaneous).

4. Khalayak

Khalayak yang dituju oleh komunikasi massa adalah massa atausejumlah besar khalayak. Karenan banyaknya jumlah khalayakserta sifatnya yang anonim dan heterogen, maka sangat pentingbagi media untuk memperhatikan khalayak.

5. Filter dan Regulator

Dalam komunikasi massa pesan yang disampaikan media pada umumnya ditujukan kepada massa (khalayak) yang heterogen. Khalayak yang heterogen ini akan menerima pesan melaluimedia sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, pendidikan, agama, usia, budaya. Oleh karena itu, pesan tersebut akan di-filter (disaring) oleh khalayak yang menerimanya.

6. Gatekeeper

Dalam proses perjalanan sebuah pesan dari sumber media massakepada penerimanya, gatekeeper ikut terlibat di dalamnya. Gatekeeper dapat berupa seseorang atau satukelompok yang dilalui suatu pesan dalam perjalanannya darisumber kepada penerima.

Gatekeeper di media massa adalah editor atau redaktur yang bertugas menyeleksi dan menentukan informasi (berita/tulisan) yang ditayangkan atau dimuat di media.

D.KarakteristikKomunikasiMassa

Berikut ini karakteristik komunikasi massa yang membedakannya dengan jenis komunikasi lainnya. Karakteristikkomunikasi massa berikut ini disusun berdasarkan pengertiankomunikasi massa yang dikemukakan para ahli di atas.

1. Komunikator Terlembaga

Komunikator dalam komunikasi massa terlembaga dalamsebuah organisasi media. Wartawan, penyiar, atau presenter menjadi komunikator atas nama lembaga medianya, bukan atasnama individu.

Pesan atau informasi yang disampaikan melalui proses seleksidan penyuntingan sesuai dengan nilai-nilai berita (news value), kode etik jurnalistik, dan kebijakan redaksi (editorial policy) media tersebut.

2. Pesan Bersifat Umum

Pesan dalam komunikasi massa bersifat umum dalam pengertianditujukan kepada semua orang, bukan untuk per orangan ataukelompok kelompok tertentu. Karenanya, bahasa yang digunakan dalam komunikasi massa juga khas, yakni bahasamedia atau bahasa jurnalistik dengan salah satu cirinya mudahdipahami.

3. Komunikan Anonim dan Heterogen

Anonim artinya penerima pesan (pembaca, pendengar, pemirsa) tidak dikenal. Heterogen artinya beragam atau berbeda-bedalatar belakang usia, pendidikan, dan sifatnya.

4. Pesan Serempak

Pesan dalam komunikasi massa diterima dalam waktu yang bersamaan, yakni ketika pesan disampaikan. Sebagai contoh, informasi yang ditayangkan di televisi disaksikan oleh banyakpenonton dalam waktu yang sama.

5. Bersifat Satu Arah

Dalam komunikasi massa, komunikator dengan komunikantidak bisa berdialog atau berkomunikasi secara langsung sepertiyang terjadi pada proses komunikasi antarpersonal.

Komunikasi memerlukan keterampilan khusus, yaitu jurnalistik (kewartawanan) dan kepenyiaran(broadcasting). Jurnalis memiliki keterampilan utama penulisanberita. Penyiar atau presenter piawai dalam komunikasi lisanatau berbicara (speaking skills).

Praktisi humas dan marketing juga dituntut memilikiketerampilan jurnalistik dan penyiaran. Dua keterampilan iniakan membantu mereka dalam menulis berita, rilis, siaran, wawancara, konferensi pers.

Daftar Pustaka

https://gramedia.com/literasi/komunikasi-massa/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image