Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image lbi

7 Alasan Menggunakan Kulit Lumpia untuk Olahan Makanan

Kuliner | Monday, 10 Jan 2022, 16:26 WIB

Inilah Alasan Menggunakan Kulit Lumpia untuk Olahan Makanan

Makanan olahan kulit lumpia disukai oleh banyak orang, baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Cita rasanya yang khas menjadikan makan dengan bungkus kulit lumpia ini sangat pas dengan isiannya. Apalagi jika disantap dengan secangkir teh atau kopi hangat, pasti sangat nikmat menemani waktu santai.

Beli kulit lumpia ditoko frozen food

Beberapa Alasan Menggunakan Kulit Lumpia

Kulit lumpia memang sangat cocok untuk membungkus makanan, baik lumpia kering maupun lumpia basah. Ada beberapa alasan penggunaan kulit lumpia sebagai pembungkus makanan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mudah Dibentuk

Kulit lumpia mempunyai tekstur yang lentur. Ini sangat memudahkan untuk membentuk, mencetak dan memberi isian. Untuk berbagai macam adonan isian, cukup diletakkan di tengah, lalu bisa langsung dicetak dengan tatakan atau dilipat. Langkah ini bisa dilakukan dengan mudah.

2. Dapat Membungkus Isian dengan Sempurna

Kulit lumpia bisa membungkus adonan isian dengan sempurna tanpa harus ada tambahan lainnya. Asalkan tidak robek, maka isian akan menyatu dengan bungkusnya tanpa harus khawatir bocor, isian mengotori wadah atau isiannya keluar karena kulit lumpia mempunyai tekstur yang rapat.

3. Harga Terjangkau

Harga kulit lumpia sangat terjangkau dibandingkan dengan pembungkus lainnya seperti Nori (pembungkus dari rumput laut), plastik ataupun daun pisang. Ini menjadikan berbagai variasi jajanan tersebut sangat ekonomis dan dapat dijangkau oleh berbagai kalangan.

Harga kulit lumpia 100 lembar seharga 18.000 rupiah , kulit lumpia 12 lembar seharga 2.800 rupiah dan kulit lumpia ukuran lebar 50 lembar seharga 18.500 rupiah. Harga ini cukup murah dan terjangkau untuk kalangan masyarakat.

4. Aman Untuk Digunakan

Kulit lumpia aman untuk digunakan sebagai pembungkus jika dibandingkan dengan plastik dan kertas bungkus. Kulit ini yang memang berasal dari bahan makanan akan terhindar dari zat-zat kimia penyebab penyakit kanker dan tumor.

5. Menambah Citra Rasa Pada Makanan

Kulit lumpia akan menambah citarasa pada makanan. Kulit lumpia mempunyai dua jenis yaitu basah dan kering. Kulit lumpia yang basah biasanya digunakan untuk bakso, mie ayam, mie so dan lain-lainnya. Lumpia ini dimasak dengan cara dikukus atau direbus.

Kulit lumpia yang kering banyak digemari oleh pecinta gorengan. Teksturnya yang renyah sangat cocok untuk segala macam isian seperti, telur, sayur, adonan danging, rebung, pisang dan lain-lainnya. Ini menjadikan makanan dengan kulit lumpia memberikan sensasi renyah di luar dan lembut di dalam.

6. Mudah Dibuat

Kulit lumpia cukup mudah untuk dibuat. Bahannya adalah telur, air, tepung, minyak, garam dan penyedap rasa. Tentu bahan ini sangat mudah diperoleh karena dapat dibeli di toko-toko terdekat. Jika terpaksa tidak ada di toko terdekat, bisa membelinya secara online.

7. Mudah Disimpan

Kulit lumpia sangat mudah didapatkan dan sangat mudah untuk disimpan. Tidak perlu bahan pengawet. Cukup letakkan kulit lumpia pada plastik kedap udara kemudian dimasukkan ke dalam kulkas, maka dapat bertahan selama 3-4 hari.

Itulah berbagai alasan menggunakan kulit lumpia yang sangat mudah diolah dengan harga murah. Pastikan membeli kulit lumpia berkualitas agar cita rasa masakannya semakin enak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image