Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ibnu Hariyanto

Krisis Air Suriah

Info Terkini | Sunday, 09 Jan 2022, 23:20 WIB

Bagi warga Suriah, sungai Eufrat merupakan salah satu kebutuhan pokok. Di Suriah Utara, sungai ini dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik. Selain itu, para petani juga menggunakannya untuk pengairan lahan. Sungai Eufrat juga dibutuhkan untuk kebutuhan sanitasi serta konsumsi penduduk Suriah.

Masalah yang pelik ini salah satunya dirasakan oleh seorang petani bernama Khaleed El Khamees. Pria berusia 50 tahun ini kesulitan mencari air ketika Sungai Eufrat mulai mengering. Ia membutuhkan air itu untuk mengairi lahan perkebunan zaitun serta memberi minim kepada keluarganya.

“Seolah-olah kita berada di padang pasir. Kami berpikir untuk pergi karena tidak ada air yang tersisa untuk diminum atau mengairi pepohonan.” ujar Khaled.

Padahal jarak sungai Eufrat dengan desanya ditempuh dengan jarak 7 kilometer. “Para wanita harus berjalan 7 killometer hanya untuk mendapatkan seember air untuk minum anak-anak mereka,” lanjutnya.

Krisis air juga berdampak kepada kesehatan warga Suriah, khususnya di bagian Timur Laut. Menurut beberapa organisasi kemanusiaan di Suriah, setidaknya 17.000 kasus penderita leishmaniasis di Timur Laut.

Penyakit ini disebabkan oleh gigitan agas—serangga yang hidup di perairan seperti sungai dan tepi laut. Serangga ini membawa virus protozoa yang dapat berkembang biak dalam tubuh manusia sehingga mengakibatkan inveksi yang serius.

Selain penyakit leishmaniasis, tercatat juga 56.000 kasus diare akut yang disebabkan krisis air ini.

“Kelangkaan air menambah penderitaan pengungsi di wilayah tersebut. Kondisi ini membuat hidup lebih sulit bagi keluarga untuk bertahan hidup,” ujar Mohammad dari Kantor Mercy Corps Suriah.

Salah satu penghuni kamp pengungsian Al-Hol, Jihane (37), menceritakan anaknya yang berusia 6 tahun jatuh sakit akibat buruknya kualitas air di sana.

“Ketika saya membawanya ke rumah sakit, ada lebih dari 10 hingga 12 kasus yang menderita gejala yang sama. Bahkan ada seorang anak laki-laki di sana yang situasinya kritis," katanya.

Jihane dan keluarganya telah mengungsi karena konflik berkepanjangan di Suriah. Ia menceritakan, keluarganya sangat sulit memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Termasuk untuk konsumsi, mencuci piring, hingga memandikan anak-anaknya. (act.id)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image