Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Diva Afifah

Ekonomi Indonesia

Eduaksi | Sunday, 09 Jan 2022, 23:01 WIB

Indonesia merupakan sebuah Negara yang besar, sebagai negara dengan penduduk terpadat ke empat di dunia tidak dipungkiri bahwa Negara yang kita tempati sekarang memiliki sumber daya alam yang melimpah dan tak kalah juga sumber daya manusia. Saat ini saya ingin membahas tentang sumber daya manusia, khususnya dalam basis pengembangannya. Tidak bisa di pungkiri, bahwa dalam mengembangkan sumber daya manusia tentunya kita akan berbicara ke ranah pendidikan, yaitu lebih tepatnya pendidikan karakter dan formal.

Seberapa efektifkah pendidikan yang sudah kita lalui dari taman kanak-kanak sampai dengan jenjang universitas?dengan waktu yang hampir 20 tahun kita isi dengan belajar menjadikan kita bangsa yang bermartabat? Dengan jangka waktu belajar yang cukup lama apakah mengurangi tingginya KKN di negeri ini? Menurut saya mengapa hal ini dapat terjadi, karena kita masyarakat Indonesia hanya mengejar hasil, nilai. Tapi esensi dari ilmu itu sendiri tidak kita dapatkan. Sekolah dan kuliah hanya dijadikan formalitas untuk mendapatkan gelar dan pekerjaan.

Menurut saya masalah utama yang dihadapi oleh bangsa kita yaitu kurangnya pendidikan moral dan adab, sehingga banyak orang berilmu akan tetapi mereka tidak memiliki integritas.

Maka dari itu, dalam membangun SDM di hal yang penting yaitu adalah dengan focus membangun dasar-dasar berfikir terlebih dahulu, seperti karakter building,akhlak, moral,integritas dll. Setelah dasar-dasar tersebut telah tertanam dengan baik di masing-masing SDM, barulah ilmu pengetahuan dipelajari agar berguna dengan baik dan bermanfaat kepada lingkungan sekitar. Hal ini tentunya harus dilakukan karena seperti yag kita ketahui banyak sekali SDM yang memiliki pendidikan yang tinggi akan tetapi melakukan hal-hal yang melanggar peraturan yang seharusnya tidak dilakukan oleh orang orang yang berilmu. Maka dari itu Ilmu dan landasan prinsip harus seimbang, agar ilmu tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak baik.

Terkait dengan pendidikan formal menurut saya semua warga Indonesia memiliki hak yang sama dalam kesetaraan pendidikan baik itu masyarakat di daerah-daerah terpencil maupun di perkotaan, semua masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang baik. Sebagaimana yang disebutkan di alinea ke-4 UUD 1945 bahwa mencerdaskan kehidupan bangsa adalah salah satu tujuan dari terbentuknya negara ini, Indonesia.

Maka dari itu sebagai warga Indonesia yang baik, setiap rakyat Indonesia punya tanggung-jawab untuk memajukan negara ini. Untuk bisa memajukan negeri ini tentunya perlu pendidikan yang cukup, baik itu pendidikan moral,integritas, ahlak dan formal. Karena bagaimanapun, apapun pekerjaan dan profesi kita, kita semua mempunyai tanggung jawab yang sama untuk bisa membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan lebih baik lagi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image