Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rofi Muhamad

Keajaiban Menggunakan Cloud Computing

Teknologi | Thursday, 11 Jan 2024, 18:02 WIB
apa itu cloud computing

Ketika membicarakan tentang cloud mungkin yang terlintas dalam pikiran kita adalah awan yang ada di langit. Tapi berbeda ketika kita memberikan konteks dalam teknologi, cloud adalah sebuah media penyimpanan data atau biasa di sebut dengan cloud computing. Apa sih cloud computing itu? Cloud computing adalah database yang berbasis digital secara singkat nya.

semua Perusahaan jaman sekarang pasti sudah mengetahui tentang cloud computing baik di perusahaan kecil ataupun Perusahaan besar.

lalu bagaimana cara kerja cloud computing, pengertian dan manfaat yagn bisa dilakukan oleh cloud computing dalam membuat keajaiban nya? Mari kita Simak informasi dengan lebih lengkap dibawah ini.

Pengertian Cloud Computing

cloud computing

Cloud computing merupakan sebuah sistem informasi yang memungkinkan kita memilki akses kepada komponen sumber daya seperti server, apllikasi dan database melalui internet, dengan menggunakan sistem seperti ini, sumber daya akan di simpan dalam internet.

Untuk skala Perusahaan dalam tahap growth menuju besar, maka kebutuhan terhadap sumber daya akan selalu di butuhkan secara cepat, dengan menggunakan cloud computing maka akan di mudah di akses dari mana saja dan kapan saja selama masih ada internet. User juga tidak perlu memiliki infrastuktur cloud sendiri. Mereka bisa mengelola dan memantau server yang disediakan oleh penyedia cloud.

Dalam penggunaan clodu computing tersediri di bagi dua jenis nyaitu public cloud dan private cloud . Public cloud merupakan sistem jaringan yang bisa diakses oleh siapapun melalui internet. Sistem ini mengandalkan internel sebagai pusat jaringan agar para pengguna bisa mengelola data di cloud storage lebih optimal.

Keajaiban dalam menggunakan cloud computing

Keajaiban cloud computing

1. Skalabilitas dan efisensi

salah satu daya tarik utama cloud computing adalah skalabilitasnya yang tak terbatas. Perusahaan dan individu dapat dengan mudah menyesuaikan kapasitas penyimpanan dan daya komputasi sesuai dengan kebutuhan sesuai dengan kebutuhan, menghindari pemborosan sumber daya yang umum terjadi di perushaaan traditional.

Dengan kita bisa menyesuaikan kapasitas dan komputasi yang mudah dengan menyesuaikan kondisi di lapangan Perusahaan dapat melakukan perkembangan dengan efisensi dan efektif di sesuaikan dengan skala bisnis nya. Dan biaya yang di bayarkan bisa relative lebih murah dengan penyesuaian kapasitas penyimpanan.

2. keamanan Dalam Cloud

Meski awal nya saat perpindahan dari penyimpanan traditional ke penyimpanan berbasis internet membuat khawatir dalam keamanan data dan applikasi, sekarang Perusahaan cloud computing sudah memastikan bahwa data yang tersimpan dalam cloud computing terjamin keamanan dengan cloud security.

Cloud security merupakan sistem yang di rancang untuk meningkatkan keamanan serta perlindungan data, apllikasi atau infrastruktur komputasi yang di simpan secara online di internet.

Data yang masuk kedalam cloud computing biasanya akan di enkripsi dan di berikan proteksi akses, sehingga lebih aman dari serangan siber.

3. Inovasi bisnis

cloud computing telah menjadi katalisator utama bagi inovasi bisnis. Dengan menyediakan platform yang mendukung pengembangan dan implementasi aplikasi baru dan cepat, bisnis dapat merespon perubahan pasar dengan lebih fleksibel. Sehingga para pembisnis bisa lebih mudah berintraksir dan mendapat respon dari user.

4. Pengelolaan Data lebih Optimal

Sistem ini juga memungkinan Perusahaan lebih mudah untuk menambah atau mengurangi sumber daya Perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan urgensi user.

Perusahaan atau pengguna tidak perlu membeli hardware dan software tambahan. Semua akses pengelolaan dan pemantauan jaringan dapat dilakukan melalui satu sistem terpadu, nyaitu cloud computing.

5. Hemat Biaya Operasional

Cloud computing bisa menghemat biaya operasional Perusahaan menjadi lebih rendah. Dengan begitu, Perusahaan atau pengguna bisa lebih focus pada keberjalanan sistem mereka. Pengguna tidak perlu lagi repot mengelola infrastruktur jaringan secara langsung.

Sebagai gantinya mereka membayar biaya berlangganan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan user.

jenis jenis cloud computing

1. Platform-as-a-service (PaaS)

Dalam model PaaS, penyedia layanan cloud menyediakan berbagai komponen sumber daya seperti server, database, dan komponen pendukung lainnya yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi.

Pengguna kemudian dapat mengakses platform tersebut melalui internet dan mulai membangun aplikasi mereka yang sudah terintegrasi dengan sistem.

Keuntungan menggunakan PaaS adalah fleksibilitas dan efisiensi biaya. Pengguna dapat dengan mudah menambahkan atau mengurangi sumber daya komputasi yang digunakan untuk aplikasi atau situs mereka sesuai kebutuhan.

2. Infrastructure-as-a-service (IaaS)

Berikutnya, model IaaS memungkinkan Anda untuk tidak perlu memiliki hardware komputer. Selama Anda memahami tentang bagaimana mengelola software komputer, sistem jaringan database situs atau aplikasi Anda bisa berjalan dengan lancar.

Komponen komputer lainnya juga bisa Anda tambahkan untuk tingkatkan performa layanan seperti RAM, CPU, dan penyimpanan data.

Keuntungan dari jenis sistem ini adalah jika Anda mengalami kendala dalam konfigurasi perangkat, penyedia layanan cloud-lah yang akan menanganinya untuk Anda. Jadi, Anda tidak perlu lagi keluar biaya untuk perawatan sistem.

3. Software-as-a-service (SaaS)

Dalam model SaaS, penyedia layanan memiliki peran untuk memelihara dan mengelola hardware, aplikasi, situs dan infrastruktur sebuah sistem. Selain itu, jenis cloud ini juga bertanggung jawab untuk menyediakan pembaruan dan pemeliharaan keamanan untuk user. Pengguna hanya perlu membayar biaya berlangganan untuk mengakses aplikasi dan layanan. Mereka juga dapat memilih untuk menyesuaikan layanan yang mereka butuhkan.

Dengan ada nya cloud computing akan mempermudah user dalam mengelola asset dan applikasi dengan berbasis internent. Mudah mengakses nya dimanapun dan kapanpun .

Kesimpulan

Dalam menggunakan cloud computing kita bisa mendapatkan banyak keuntungan dalam segi bisnis, karena kita bisa mengatur semua kebutuhan dan mengukur kebutuhan uang yang akan di habiskan sehingga budgeting bisnis bisa lebih terukur, dan dalam penggunaan cloud computing kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan bisnis kita.

Daftar Pustaka :https://www.linknet.id/article/cloud-computing

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image